Standar Masuk Nilai SBI Naik 8,5

SISWA yang ingin masuk sekolah bertaraf internasional (SBI) harus mempersiapkan diri.

Pasalnya, hasil ujian nasional (UN) maupun ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) bukan jaminan masuk SBI. Kepala SMPN 1 Surabaya Muchtar menuturkan, meskipun Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya melarang kepada tiap sekolah untuk menyelenggarakan ujian masuk pada penerimaan siswa baru (PSB). Beberapa SBI di Surabaya memilih menjalankan seleksi masuk. Pihaknya bersikukuh kalau tes masuk di sekolah menjadi persyaratan penting.

“Kalau kelas reguler tidak persoalan mengandalkan nilai UNmaupunUASBN.Namunini SBI,jadi persyaratannya lebih banyak.Kalau hanya memakai hasil UN atau UASBN, apa bedanya kelas reguler dengan SBI,”ujar Mochtar kemarin. Tahun ini, kata Mochtar, persyaratan masuk SBI mengalami perbedaan dengan tahun sebelumnya. Untuk siswa yang masuk SMP, mereka tidak lagi mengikuti ujian daerah (Uda). Jadi, SBI tidak lagi memakai Uda sebagai persyaratan.

SBI tetap memakai hasil UASBN kemudian ditambah tes kemampuan Bahasa Inggris, Matematika, Psikologi, dan kesehatan. Mengenai standar nilai masuk SBI, tahun ini juga mengalami peningkatan. Tahun kemarin tiap SBI mematok standar nilai 8. Tahun ini rencananya standar SBI bertambah menjadi 8,5. “Tiap tahun kan ada perubahan, tentu harus lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Calon siswa harus benar-benar mempersiapkan diri secara matang kalau ingin mendaftar di SBI,”ungkapnya. Kepala SMAN 15 Surabaya Kasnoko mengatakan, kalau pelaksanaan PSB di SMA tidak jauh berbeda dengan SMP.Ada beberapa persyaratan yang harus dijalani calon siswa sebelum diterimadiSMAyangmembuka kelas SBI. Salah satunya, surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN).

Poin penilaian SKHUN mencapai 40%.Sisanya, akan diambilkan dari ujian masuk Bahasa Inggris, Matematika,IPA. Kasnoko melanjutkan, untuk mendaftar, siswa cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp150.000 yang dipergunakan sebagai pembelian formulir. Setelah itu, tidak ada lagi tarikan kepada siswa. Untuk pembukaan PSB,beberapa SBI menunggu pengumuman hasil UN.

Hasil UN SMP sendiri diumumkan pada 21 Juni 2008.“Pokoknya setelah pengumuman kita langsung buka pendaftaran. Jadi, sekarang siswa siap-siap saja mengikuti ujian masuk,” tukasnya. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rasiyo menuturkan, sekolah harus cepat membuka pendaftaran PSB.Karena sepekan sebelum tahun ajaran baru, PSB harus selesai semua.

Tahun ajaran baru rencananya dimulai 14 Juli 2008. Untuk ujian masuk, kata Rasiyo, sekolah memang tidak harus melaksanakan. Sebab,tahun ini patokan yang diambil berasal dari nilai UN dan UASBN. (Sindo)

About these ads
Explore posts in the same categories: Pendidikan

3 Komentar pada “Standar Masuk Nilai SBI Naik 8,5”

  1. asuna17 Berkata

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di Social Bookmarking Indonesia http://www.infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://pendidikan.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/standar_masuk_nilai_sbi_naik_8_5

  2. AGUS Berkata

    NILAI STANDART MASUK SBI SAMA GAK DENGAN MASUK SEKOLAH UNGGULAN??..

  3. lazuardi Berkata

    berapa nem yang diperlukan untuk daftar di smk 5…??

    semoga aq bisa diterima disitu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: