Lulus Sekolah Digaji Rp 30 Juta, Dapat Dua Ijazah

Surabaya – Para lulusan SMP tidak harus masuk SMA. Mereka bisa memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), termasuk Sekolah Menengah Pelayaran (SPM) Bhakti Samudera di kawasan Simo Hilir Raya 12 Surabaya. Ada beberapa keunggulan sekolah yang dikelola Kasek Humphry Marten ini. Lulusan bisa mendapat dua ijazah sekaligus, yakni SMK dari Diknas dan kepelautan bertaraf internasional.
Dengan ijazah kepelautan itu mereka berhak menyandang gelar profesi ahli nautika tingkat IV (ANT IV) dan ahli teknika tingkat IV (ATT  IV).

Dengan gelar ini, mereka bisa bekerja di kapal, termasuk kapal luar negeri. Dari 1.000 alumni, ratusan orang telah bekerja pada kapal-kapal dalam maupun luar negeri. Yang di luar negeri digaji antara 2.500-3.500 dolar AS atau sekitar Rp 30 juta/bulan. Sedangkan di kapal dalam negeri, sekitar Rp 10 juta/bulan.

Nama-nama alumni yang bekerja di kapal luar negeri antara lain Joko Santoso (Uni Emirat Arab), Fathurohman (Amerika), Chairudin (Malaysia), Agus Suwignyop (Singapura), dan Wiratno (Aljasira).
Kasek Humphry Marten, didampingi Humas Edy Sukiswo, Senin (2/6), mengaku bangga terhadap para alumni. “Tak hanya di kapal, mereka juga bekerja di kantor-kantor perusahaan pelayaran,” ujar Humphry yang juga paman Krisdayanti dan Yunu Shara ini.

Eko Bagus Prayitno, alumnus, mengaku bangga dengan almamater. Sekarang ia bekerja di kapal milik PT Menteri dengan gaji Rp 10 juta/bulan. “Saya juga bangga bersekolah di sini, karena peluang kerja besar,” ungkap Novi Ayu Selviana Fvernando, siswa kelas 2 jurusan nautika.

Lulusan SPM Bhakti Samudera juga bisa melanjutkan pendidikan di politeknik pelayaran di Semarang.
Menurut Humphry, setelah lulus ujian SPM dari Diknas, siswa harus mengikuti ujian kepelautan pra-prala (pra-layar). Selanjutnya, mereka praktik layar selama setahun di kapal.
Setelah itu, mereka kembali ke sekolah untuk mengikuti ujian kepelautan paska-prala. Jika lulus dan mengantongi ijazah ANT IV dan ATT IV dari Dirjen Perhubungan Laut, mereka pasti langsung dicari perusahaan pelayaran, baik dalam maupun luar negeri.

Para alumni biasanya bekerja sebagai perwira atau pimpinan kapal tanker, kontainer, kargo, pesiar, penyeberangan, atau perusahaan pelayaran, pelindo, dinas navigasi, kepanduan, dan sejenisnya.
SMK pimpinan Humphry ini awalnya berlokasi di kawasan Tembaan (1980) dengan nama Akademi Kemaritiman Surabaya (AKS).

Setelah itu, pindah ke Jl Tidar 121 dan pada 1994 pindah lagi ke Simohilir Raya 12 hingga sekarang. SMK ini membuka dua jurusan, yakni nautika (bidang navigasi kapal) dan teknika (bagian mesin dan elektro).

Saat ini jumlah siswa 300 orang kelas 1 – 3. Sekolah yang diasuh 33 guru (termasuk 12 guru tetap) ini sudah menghasilkan sekitar 1.000 lulusan.
Sekolah ini dilengkapi dengan laboratorium permesinan kapal, laboratorium komputer, bahasa, navigasi, simulator, menjangka peta, bengkel mesin, perpusatakaan, dan dua asrama untuk taruna pria.

Yang diterima di SMK Bhakti Samudera adalah lulusan SMP bertinggi badan minimal 155 cm (pria) dan 153 cm (perempuan), tidak cacat fisik bawaan atau buatan seperti tato atau tindik, tidak buta warna, dan cacat pendengaran. Calon siswa menyerahkan pas foto 3 X 4 cm sebanyak empat lembar dan membayar biaya pendaftaran Rp 75.000.

Pendaftaran di kampus Jl Simo Hilir Rayar 12,  telp 031 7321415, asrama II Jl Petemon II A/87 telp 031 5311219 dan asrama II Jl Simo Hilir 2 H/5 telp 031 7328581 Surabaya. (Surya)

Explore posts in the same categories: Pendidikan

28 Komentar pada “Lulus Sekolah Digaji Rp 30 Juta, Dapat Dua Ijazah”

  1. Sanjaya Says:

    Masih banyak kerancuan mslah biaya,mereka yg berhasil justru karena usaha mereka Sendiri..yg justru kurang dihargai oleh sekolah..

  2. Sanjaya Says:

    Masih byk kekecewaan diantara kami…serta peralatan dan lab. yg tdak memadai.

  3. arlong Says:

    waah sistem pendidikan ny jg dngn kekerasan passsttii?????

  4. zerti Says:

    Iya mas arlong yang cakep saya setuju…………..

  5. bitch Says:

    mending jualan tahu aja… bgs pake formalin

  6. Ariandy Says:

    Sepertinya iklan ini terlalu berlebihan, saya sebagai perwira navigasi ANT-III (ex. ANT-IV) tidak pernah menemui gaji hingga 10 juta per bulan di dalam negeri.
    Jgn terlalu mengiming-imingi orang banyak dengan impian2 belaka.

    Adapun masalah fasilitas lab tak sekiranya juga di katakan lengkap, jika kita berbicara lengkap dan bertaraf international kita bisa melirik sekolah2 & kampus2 pelayaran milik negara yg dijadikan rujukan atau tempat studi banding sekolah2 & kampus2 pelayaran swasta.
    Terima kasih.

    • dede Says:

      …aku aja juga gak percaya kok kalau di gaji sampai 10/30 jutaan….

      …aku pernah kepikiran sekolah di smk bhakti samudera tapi setelah baca commet dari para alumni jadi gak jadi sekolah ndek situ…

      …apa bener to sampai di gebukkin para senior??????

  7. bayu Says:

    klu dstu ada ekskul apa aja

  8. riski Says:

    duh… makanya ikut kapal luar pulang 10 thn sekali.biar dapat uang banyak,he he he..itu kali maksudnya.kita doakan aja supaya lab benar benar2 lengkap.

  9. Yoben Says:

    Sy kira rangsangan yg di berikan terlalu berlebihan.ada baiknya di kaji ulang rangsangan tsb.agar bisa mengurangi rasa kecewa bg alumni yg berkesempatan membaca hal ini.wassalam

  10. joko Says:

    ga segampang itu dapet gaji gede, kalo iklan yang bener aja

  11. benny Says:

    pak Humpry.
    mana ada pak.dari jaman AMK dan MPB sampai kini tidak semudah ini untuk dapat yang di imingi.

  12. bas james Says:

    waduh itu terlalu muluk2.saya alumni bs yg sudah pegang att4 merasa semua perjuangan adl jerih payah saya sendiri.gaji lokal bekisar 1 juta – 4 juta.gak ad att4 kerja di len lokal dg gaji 10 juta.sistem sekolah juga masih amburadul.sekolah ini cuma mengandalkan alumni yg sudah tersebar dimana2.cuma ikatan alumni kuat yg membuat anak2 bs diakui oleh pelaut2 yg laen.sekian terima kasih.

  13. widya Says:

    saya bangga,krn pacar sya sekolah d situ jg…

    • yayaok Says:

      bangga gimana…..non….nanti lihat saja proses kelulusannya…….berbelit belit…..buang2 uang….sampai sekarang byk alumni bhakti samudra yg belum di luluskan……maklum,numpang ujian di kampus lain……jadi jgn berbangga dulu…..hanya seragamnya aja yg bikin bangga….tapi moralitasnya rendah…..

  14. arya dita pratama Says:

    aku ingin sekolah di pelayaran tapi aku masih ragu
    apakah tes masuk pelayaran sulit…??

  15. nanang Says:

    persyaratan yang harus di penuhi untuk bisa masuk di sekolah pelayaran ini apa saja?

    • praja Says:

      mas nanang….jangan percaya iming2 di ats itu…..saya alummi pelayaran ngak pernah merasakan gaji segitu di pelayaran lokal…….sekolah itu bobrok….coba mas liat yg lebih dalam lagi…..mau ujian aja masih numpang di bp2ip…..mending ke bp2ip aja mas…tidak ada kekerasan….di spm bakti samudra itu banyak taruna yg lari ngak tahan di siksa ama senior2 nya…….coba liat kampus baru bp2ip di rungkut…….11 hektar luasnya……dan pasti di jamin kelulusannya…….

  16. praja Says:

    spm bakti samudra simohilir……hmmm….diragukan….kekerasan antara senior dan yunior masih sering terjadi…….saya buktinnya……..saya mohon para orang tua yg mau memasukkan anaknya harus berfikir 1000x……dari pada anaknya jadi sasaran pukulan parasenior2….dan pemalakan2 oleh senior2nya…..kalo tidak percaya….silahkan coba…..setelah 8 bulan tannyakan ke anak2 bapak….udah bayar mahal2 pendaftarannya…eh di hajar pula……saya hanya menghimbau buat pengajar spm bhakti samudra untuk supaya lebih di ajarkan pada murid2nya…..agar antara senior dgn yunior saling membantu,melindunngi,bukan malah di jadikan pelampiasan kekesalan…..jadi telitilah dulu sebelum mengambil keputusan…..pilih sekolah yg benar2tidak merugikan baik buat para orang tua maupun para calon2taruna……ingat…….siapkah anak2 ibu di pukulin,di tendang dan sebagainnya…..kalo siap silahkan masukkan saja ke spm bhakti samudra…….

  17. yayaok Says:

    betul mas praja…..saya akui itu memang benar……ingat para orang tua…..anak anda nanti di pukulin…..kalo di usut guru2 mereka langsung menyuruh anak2 yg mukul supaya mengaku ngak pernah mukulin….begitu pula saksi2 yg ada….jadi percuma kalo anak2 bapak ibu di pukul tetap aja akan di pukul kecuali keluar dari spm bejat itu……sekolah macam apa yg seperti itu……buang2 uang saja…..kalopun ada yg berhasil saya jamin pasti melewati segala macam rintangan dan pihak spm bs tdk pernah membantunnya….ngemis sana ngemis sini….supaya di luluskan dari kampus pemerintah….kan ujian ikut numpang dikampus bp2ip…….ngak percaya …..silahkan tanya para dosen pengajar bp21p surabaya……

    • shinta Says:

      masak,soal’e aku mau sekolah ke sana.
      setelah membaca aku jadi ragu?
      trus sekolah pelayaran mana yang terbaik?
      tolong informasikan.persaratan apa dan dimana sekolah itu?

      aku pingin sekali sekolah di pelayaran.

  18. henry Says:

    subhanallah… tp kekerasan to ky IPDN tau g

    • dani Says:

      Betul mas henry, sekarang jadi bingung mas , sekolah mahal masuk sekolah malah digebukin sama seniornya lagi

  19. dani Says:

    aduh sekolah ato arena tinju kl begitu, gak tambah pinter malah gegar otak nanti dipukuli terus sama seniornya. mari kita selektif memilih sekolah demi masa depan anak dan bangsa kita, yuk kita buat indonesia maju

  20. hadi Says:

    saya dari banjarmasin, mau nanya untuk sekolah pelayaran yg BP2IP itu biaya pendaftaran, per semester, dan biaya yg lain itu kira2 berapa ya? dan kalau di BP2IP itu ada yang namanya kekerasan ga?

  21. dede Says:

    …bener nie di gaji 30 jt/10 jt perbulan??????????
    …KUCING AJA GAK PERCAYA…

  22. ASDAM 2002 Says:

    Saya alumni smk bs angktan99 semua tergantung niat yg jelas menjadi pelaut harus bermental baja, kekerasan yg dilakukan para senior yg tdk bertanggungjawab memang sering terjadi di smk bs secara sembunyi2 tanpa pengetahuan dari pihak pendidikan karena masi terbawa unsur balas dendam pd saat menjadi yunior tul ndak? seharusnya senior mendidik kita bagai mana kita menjadi seorang berpikir dan berjiwa besar bukan mendidik secara kita kekerasan karena dikapal nanti tdk mungkin kita harus adu jotos. paling tidak bagaimana menghadapi masalah2 agar tdk muda putus asa. karena itu mari para senior smk bs latih adik2 kitabermental baja jgn dngn kekerasan ingat sekrang ada hukum jgn macam2. MAJU TERUS SMK PELAYARAN BHAKTI SAMUDERA


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: