Peminat IPA Lebih Banyak Pendaftaran SPMB-UMB 2008

Surabaya – Jumlah pendaftar kelompok IPA lebih banyak dibanding IPS. Ini terlihat pada hari ke delapan pendaftaran tes masuk mahasiwa baru (SPMB-UMB) 2008 di Kantor Kopertis Wilayah VII, Selasa (3/6). Sebanyak 1.524 orang sudah mendaftar SPMB-UMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru-Ujian Masuk Bersama). Dari jumlah ini, pendaftar kelompok IPA, mencapai 816 orang. Padahal, untuk IPA ini panitia hanya menyediakan 750 formulir.

Sementara, kelompok IPS yang disediakan 1.200 formulir, di luar dugaan, baru terpakai 378 formulir. Sedangkan kelompok IPC masih tersisa 220 formulir dari 550 formulir yang disediakan.

Menurut Ketua Regional II SPMB-UMB Jatim Soegiono, banyaknya formulir IPS yang disediakan ini berdasar data SPMB 2007. Waktu itu, peminat kelompok IPS lebih banyak dibanding IPA. Terutama di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Hassanudin (Unhas).

Mungkin karena pada 2007 lebih banyak perguruan tinggi negeri yang bergabung dengan SPMB. Tahun 2008 ini hanya lima universitas saja, yaitu UI, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN), Syarif Hidayatullah Jakarta, USU, dan Unhas.

“Jurusan IPA paling favorit adanya di Universitas Indonesia. Tentu saja, ini mempengaruhi jumlah penyebaran peminat di tiga kelompok,” terang Soegiono. Misalnya, Pendidikan Kedokteran dan Teknik Komputer.

Untuk antisipasi kekurangan formulir kelompok IPA, panitia memakai formulir Kelompok IPC untuk menutupinya. Sebab, pada formulir IPC, pendaftar boleh mengisi dua jurusan saja. Jumlah stoknya 600 formulir IPC dan baru terpakai sekitar 300 formulir.

Di samping itu, telah diterima pula sisa formulir pendaftaran SPMB-UMB dari Manado, Ambon, dan Jayapura. Pendaftaran di tiga kota itu telah berlangsung lebih dahulu dibanding di Surabaya, yaitu selama 27-30 Mei 2008. Jumlahnya sekitar 900 formulir dan berfungsi untuk menutup kekurangan hingga pendaftaran terakhir di Surabaya yang jatuh hari ini, Kamis (4/6).
“Tiga kota itu masih satu koordinasi dengan Surabaya. Kebetulan, peminat SPMB-UMB di sana juga tidak banyak,” terang Soegiono.

Sejauh ini, jumlah pendaftar SPMB-UMB di Medan (USU) mencapai 20.000 orang; Jakarta (UI, UNJ, dan UIN) sebanyak 48.000 orang; Makassar (Unhas) 13.000 orang; serta Padang, Lampung, Semarang, Surabaya, Jayapura, Ambon, dan Manado 5.000 orang.
Sementara itu, jauh dekat jarak kota asal dengan perguruan tinggi negeri tujuan menjadi pertimbangan para pendaftar. “SPMB ini saya pilih Pendidikan Kedokteran dan Teknik Kimia UI. Tapi, kalau diterima juga di Teknik Informatika ITS, saya pilih di ITS saja. UI saya lepas,” tutur Putri Nikensari, 19, siswa SMAN 2 Pare, Kediri. Alasannya, Surabaya lebih dekat dibanding Jakarta.
Tapi, beda dengan Muhammad Ikhsan, 17. Siswa SMAN 2 Pare, Kediri, ini tetap akan kuliah di UI jika diterima di Ilmu Politik atau Farmasi. “Masuk UI tidak mudah, sih. Persaingannya ketat,” ungkapnya. (Surya)

Explore posts in the same categories: Pendidikan

7 Komentar pada “Peminat IPA Lebih Banyak Pendaftaran SPMB-UMB 2008”

  1. Abdur Rozaq Says:

    kalau boleh tahu gimana caranya mendaftar spmb di its

  2. fajarwisnu Says:

    Silakan liat di Website ITS

    http://www.ie.its.ac.id/pendaftaran.php

  3. andri Says:

    kalau boleh tahu gimana caranya daftar spmb&ekstensi di unibraw
    ?????

  4. chandra Says:

    berapa jumlah peminat teknik kimia UI dan USU UMB tahun 2008 ini ?

  5. Akbar Says:

    Apakah pendaftaran spmb di surabaya udah dtutup?!tlg jwbanya thx

  6. Fitras Says:

    Kenapa pig tekkom ui rendah?

  7. ridho Says:

    kalo lulusan SMK gimana cara ikutan UMB? tlg jwbnny. thnks b 4


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: