Pendaftaran SMPTN Mulai 16-27 Juni Panitia Siapkan 21.000 Formulir

Malang – Universitas Brawijaya (Unibraw) telah menyiapkan formulir sebanyak 21.000 lembar untuk pelaksanaan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN). Pembukaan pendaftaran dimulai 16 -27 Juni mendatang dipusatkan di Gedung Samantha Krida (Sakri) Unibraw.

Menurut Panitia Lokal Malang, Prof Dr Ir Bambang Suharto MS, pelaksanaan SMPTN ini yang pertama  menggunakan sistem pendaftaran online. Dimana formulir dapat dibeli di berbagai daerah di tanah air dengan menyetorkan uang pendaftaran Rp 150.000, untuk soal IPA dan IPS dan Rp 175.000 untuk soal IPC.

“Penyetoran dilakukan ke rekening panitia SMPTN di Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk memutus alur antrean pembelian formulir yang terkadang membeludak setiap tahunnya,” beber Bambang Suharto, Senin (9/6).

Dengan sistem online ini pembelian formulir bisa dilakukan oleh siapapun. Hanya saja pengambilan dan pengembalian formulir SMPTN harus dilakukan peserta karena tidak boleh diwakilkan. Pengambilan dan pengembalian formulir SMPTN dipusatkan di Gedung Samanta Krida.

“Meski semua dipusatkan di Unibraw, tapi kami tetap mengerahkan panitia gabungan dari Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang untuk memperlancar distribusi pengembalian formulir,” jelasnya.

Sedangkan pelaksanaan ujian SMPTN akan digelar 2-3 Juli mendatang di tiga kampus. Untuk peserta yang mengambil pilihan IPA akan mengikuti ujian di UIN Malang. Peserta IPS lokasi ujiannya di Unibraw sedangkan peserta yang mengambil IPC akan digelar di UM. “Pengumuman SMPTN dilakukan minggu kedua hingga ketiga Juli mendatang,” jelasnya.

Saat disinggung tentang pelaksanaan ujian masuk bersama yang sudah lebih dulu digelar lima PTN pekan lalu, Bambang memprediksi tidak mempengaruhi minat calon mahasiswa mendaftar melalui SMPTN. Namun panitia SMPTN Malang khawatir, pelaksanaan ujian itu akan berdampak terhadap kualitas calon mahasiswa yang akan masuk.

“Bukan hanya lima PTN saja, UGM dan IPB sudah memulai penerimaan lewat jalur lainnya lebih dahulu. Meski begitu, kami tetap konsisten untuk mengambil input yang terbaik, minimal hampir sama dengan kualitas calon mahasiswa yang diterima tahun lalu,” tandasnya. (Surya)

About these ads
Explore posts in the same categories: Pendidikan

54 Komentar pada “Pendaftaran SMPTN Mulai 16-27 Juni Panitia Siapkan 21.000 Formulir”

  1. Feby Krisbiyantoro Says:

    Menurut saya, Sebaiknya informasi SMPTN segera di informasikan di sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia,karena masih banyak yg tidak tahu informasi tersebut. Trima kasih

  2. paidjo Says:

    kurang lengkap informasinya cokk,

  3. weleh Says:

    Nanya doong……….
    daftarnyah tuh dimanah sih………..
    beli formulirnyah di bank mandiri yah kalo nggak salah………

    bales ke e-mail gw dong……….

    THX

  4. fian Says:

    wah mana neh, kaga ad pemberitahuan lebih lanjut…
    mentang2 dah pada terkenal toh kampus….

    parah……………

  5. tida Says:

    tlg info detail.klo d Sby di mandiri mana aj ta?trus ngembaliin formulirnya di mana?lgsg balas!tx

  6. yoga Says:

    leh tw g, smptn tu blh pilih 2 jurusan beda d univ yg sama pa g?
    thx a lot…

  7. bitch Says:

    suck

  8. raLi Says:

    kalo yg di jakarta,apa tesnya harus ke malang kah?
    apa tetap di jakarta?

  9. Handini Permatasari Says:

    Apakah yang dimaksud itu UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG ?????
    kalau btul,kira-kira di daerah mana y ???????
    tolong di balas segera………!!!!!!!!!!

  10. nurul Says:

    kalau dimanado dimana pendaftarannya

  11. nurul Says:

    kalau dimanado dimana pendaftarannya?

  12. ZULKARNAIN Says:

    KALO diPEKANBARU kapan sih pengumuman hasil ujiannya? gwe cuma mo nya bolekan? soalnya ada adek saya ikutan SMPTN di PEKANBARU. ATAS INFONYA TRIMAKASIH.

  13. YASNITA Says:

    brapa minggu hasil nya keluar setelah d adakan ujuian

  14. poetra Says:

    kan sih hasil smptn keluar

  15. eky Says:

    SMPTN kapan mulai pendaftaran lagi

  16. eckachreen Says:

    sampaikan saja kesitus sekolah langsung……biar lebih cepat

  17. gita Says:

    kenapa c yang pinter tapi miskin ketutup sama yang kutang pinter tapi kaya..

    orang tua saya ga sanggup bayar kuliah sampe puluhan juta , , ,
    sedihnya jadi miskin , ,

    yang kaya mah enak,,tinggal tunjuk n tinggal bayar , ,

    kemsut nih pendidikan

  18. iroel Says:

    ko bisa telat sama UGM dkk, … gimana sich?

  19. ian Says:

    bagaimana saya bisaa mendapatkan formulir pendaftaran
    terima kasih

  20. thia Says:

    Mengapa SNMPTN hanya berlaku 3 tahun,
    terus bagaimana yang akan mengikuti SNMPTN tapi telah habis waktu yntuk mengikutinya.
    Mohon untuk perpanjangan waktu bagi yang akan mengikuti SNMPYN

  21. Mz Says:

    Eh, mau nanya neh.. Kpan qt bs mulai daftr SMPTN ny y? Truz, apakah ujian ny harus ke malang situ? Lalu, formulir ny gmana dptinny? Selanjutnya, brp jurusan dan univ yg dpt qt ambl? Info ny yg lbh jelas dan detail, pliz.. Btuh bgt soalny… Thx a lot…

  22. Yhara Says:

    gene ne…ech…
    ko’jauh amat ujiannya ampe k malang gto…
    klo yng d timur indonesia kn ksian hrz datng jauh” k jkarta… padahalkan blum tentu bisa lulus……..
    mana nech kebijaknnya……????????
    mentang2 tuch univests dah tenar, , ,

  23. Verer Says:

    Tolong info lengkapnya

  24. Bayu Says:

    Emang SNMPTN ini hanya milik UNIBRAW ya,kox ujian nya hannya di adakan di malang aja…….
    gimana calon peserta yang dari jakarta,bogor,medan,palembang,dan daerah-daerah lain di indonesia…….
    Mohon di perjelas……..

  25. annisa Says:

    kalau udah ikut PMDK, bisa ikut SNPTN lagi gak???

  26. annisa Says:

    kalu udah ikut n keterima di PMDK, ikut SNPTN lagi bisa gak???

  27. MEY Says:

    SEMOGA SAYA BISA DTRIMA DI SKLH INI

  28. samsu Says:

    BAGI YANG BARU LULUS SMU/SEDERAJAT DAN AKAN MENGIKUTI SMPTN, SEBAIKNYA JANGAN BERTANYA DENGAN UNGKAPAN YANG KURANG SOPAN…..JIKA ANDA MERASA MEMANG MEMBUTUHKAN UNTUK KULIAH…SEMESTINYA ANDA YANG BERUSAHA SENDIRI UNTUK MENCARI TAHU….INI BARU AKAN KULIAH…..BAGAIMANA ANDA NANTI AKAN CARI KERJA….CARI ISTRI…..ATAU CARI BEKAL MATI NANTINYA….
    BERUSAHA MENCARI…JANGAN TANYA THOK.

  29. ksatria bdrummer Says:

    Cullllun!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!ugk komplit blaszzzzzzzzzzz

  30. syaina_qyuudz Says:

    gimana nih biar bsa dptin formulir smnptn cpt oia please d infonya dilengkapin……………..

  31. parman Says:

    Dimana cara dapat formulinya aku kebingungan end lokasi tes? aku dah tanya ke guru tapi gak dapat juga infokonplitnya
    Moga aja info dah dikasih tau ketiap2 school masing2 lebih awal so ga nGepiussssssssssssingin!

  32. baharudin Says:

    klo belinya pk online trus wktu ngmbilnya gmana?pa kita dapat bukti pembrliannya??infonya kurang lengkap

  33. gapor setyawan Says:

    bagaimana caranya mendaftarkan diri untuk masuk ke smkn5….??

  34. syarif Says:

    berapa persen daya tampung penerimaan snmptn?
    untuk soal,berapa sulit soal yang akan diujikan?

  35. Ervin Says:

    Tlong ksih tw syrt2 smptn, & kpn mulai pndftaranny..

  36. ketrin Says:

    tanggal berapa pndaftaran+tesnya SMPTN???
    bli formulirx tu lewat bank y????
    tolong di balas di email saya,,
    trima kasih…

  37. Dian Pratama Says:

    Saya Butuh Informasi Tentang SMPTN tolong Beritahu Yg Sejelas jelas nya

  38. FIRMAN Says:

    eMANG Universitas Brawijaya Malang apa Hebatnya. mending kasih kemudahan bagi Orang yang miskin tapi dia pintar. Gimana mau maju negara ini. Berarti mau jadi apa negara ini.
    Berarti Tidak ada keadilan dan tenggang rasa !

  39. allin Says:

    koq pendataftaran dan jadwalnyah dkat dekatan ama UMB,,,,,,

    kan bingung jadinyah???

  40. johan Says:

    mengapa pendaftaran SMPTN dilakukan sebelum pengunguman UMB???
    apa yang terjadi??
    apakah SMPTN dlakukan sebelum pengunguman UMB agar banyak yang mendaftar ke SMPTN.

  41. olimvia dj Says:

    assalamualainkum wr wb
    maaf mau nanya…..,
    knp pendaftaran, n wkt SMPTN kq jarak tanggalnya deket n jg knp tempat ujian seleksi wilayah sby terlalu jauh n ribet…..!

  42. Hoe Di Says:

    Untuk mendapatkan inputan (mhsw)ya bermutu & memberikan kesempatan pada rakyat yang kurang mampu, sebaiknya pendaftaran & tempat tes bisa di kondisikan di Kota/Daerah pendaftar karena masih banyak lulusan SMA yang berpotensi tetapi kesulitan dalam biaya untuk mengantar putra/i nya daftar dan tes ke Malang belum lagi termasuk biaya penginapannya.

    Tks,,atas pertimbangannya, semoga Unbra tambah Jaya

  43. rindu solide puur mooi Says:

    kita tukar formulir dimana ya?

    apa sesuai dengan panlok kita?

    atau bs diambil di bank?

    segara bls yach………..

  44. irsan Says:

    ggua sih ayik2 aja

  45. DIKA B.R SMANIP Says:

    asalamualaikum. . . . .
    sy mw tanya apakah SMPTN tu kemungkinan masuk tinggi?


  46. kapan pengumumannya

  47. yuri Says:

    ass…
    sya mau tanyak,pengumumannya tanggal berapaya???

  48. Yudia Says:

    Kl hsl ujian SMPTN & pedaftaran ulang bg yg lulus tggl brp y? Tlg d bls k email sy y.

  49. coki Says:

    bandung kumaha

  50. Titi Maya Says:

    kapan sih unbra datang ke MAN BONDOWOSO?

  51. sofa Says:

    ass.
    bagi siswa smk yang mau daftar gimana????yang dari wilayah jawa tengah

  52. dina Says:

    kota-kota manakah
    yang akan digunakan untuk umptn??

  53. andre veroza Says:

    aku…pengen bgt di terima di Universitas Lampung
    mungkin di sini lah aku dapat meluapkan semua isi hati ku….
    untuk mengejar impian….
    maka tolong bantu lah aku…

  54. tai cor Says:

    main yuk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: