50% Lulusan SMK Terserap Dunia Industri

JAKARTA-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diarahkan untuk menghasilkan lulusan siap memasuki dunia industri dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri melalui kompetensi keahlian yang dimiliki.

”Dalam kondisi pertumbuhan ekonomi dunia yang belum stabil maka pemerintah mendorong peningkatan kualitas SMK untuk menghasilkan lulusan siap pakai,” kata Dirjen Manjemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Depdiknas Suyanto, kemarin.

Dalam penjelasan pers terkait Lomba Kompetensi Siswa dan Pameran Karya siswa SMK 2009, dia mengatakan pemerintah telah merealisasikan upaya peningkatan mutu siswa SMK dengan menetapkan kebijakan memperbanyak jumlah SMK bila dibandingkan SMA.

”Sebuah hasil studi menyatakan, sebanyak 50 persen lulusan SMK setiap tahunnya mampu diserap dunia industri, sehingga dalam kondisi ekonomi yang belum pulih pemerintah membuat kebijakan untuk memperbanyak jumlah SMK.”

Karena itu, lanjut dia, sejak lima tahun terakhir pemerintah memberikan perhatian kepada pembinaan SMK dengan menambah alokasi anggaran untuk membeli peralatan laboratorium, mendatangkan ahli-ahli ke SMK, dan bekerja sama dengan dunia industri untuk meningkatkan kompetensi siswa sekaligus memasarkan hasil produksinya.

Salah satu kegiatan yang setiap tahun diselenggarakan sebagai ajang unjuk kemampuan siswa SMK adalah Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan ajang pameran karya LKS.

”Kegiatan LKS terbukti berhasil memberikan wahana pada siswa untuk menunjukkan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki setara dengan tenaga yang dibutuhkan oleh dunia industri,” katanya.
Pembinaan Teknis
Suyanto menjelaskan, kegiatan tersebut dapat menguatkan kepercayaan terhadap lulusan SMK dan lembaga pendidikan kejuruan sebagai institusi yang memfokuskan pada pembinaan teknis siswa.

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMK Joko Sutrisno mengatakan saat ini sejumlah SMK di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur mampu menghasilkan karoseri motor dan mobil, yakni SMK Negeri 2 Muhammadyah Borobudur, SMKN I Singosari Malang, SMKN 10 Malang, dan SMKN 6 Malang. Bahkan, siswa SMK sudah mampu merakit komputer personal dan laptop serta mesin-mesin untuk keperluan industri seperti mesin bubut.

LKS dan Pameran Kreasi Siswa SMK 2009 diselenggarakan 22-24 Mei 2009 di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran yang akan mengkompetisikan 50 lomba yang terbagi dalam kelompok teknologi, pariwisata, pertanian, dan kelompok kriya. (Suara Merdeka)

About these ads
Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

4 Komentar pada “50% Lulusan SMK Terserap Dunia Industri”

  1. lia Says:

    smk memang pendidikan yang cocok bagi siswa yang ingin terjun langsung ke dunia kerja.

  2. Musliq Says:

    Maju Terus SMK

  3. omyosa Says:

    LOWONGAN KERJA

    Perusahaan bertaraf nasional bergerak dibidang General Trading dan Supplier Produk-produk makanan, minuman, suplemen, obat2an, peralatan yang ada hubungannya dengan kesehatan, produk berkualitas tinggi Super Brand Bintang 5, membutuhkan 1000 orang karyawan formasi tahun 2009, untuk posisi marketer, leader, asst manajer, dan manajer marketing.
    Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan SMK, D1, D2, D3 jurusan marketing.
    Opportunity salarry UMR s/d 27.000.000,-
    Lamaran dibuka mulai 5 Juni 2009.
    Info lengkap, sms ke: Rudy M. 021 91719495, atau
    e-Mail ke: omyosa@gmail.com, atau
    lamaran (sesuai ketentuan) diantar langsung ke Kantor Cabang : Jl. TMP Kalibata No. 26 sebelah Gg. Masjid Cililitan Kecil, Jakarta Timur.

    Pengirim: CV. Panji Utama, Jakarta Timur


  4. assalammualaikum,
    saya tamatan SMK saya ingin bekerja di dunia industri….,saya mohon kepada bapak/ibu mau mebantu saya dalam pencarian pekerjaan.., saya bersekolah di SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN.., SUMATERA UTARA. JURUSAN SAYA LISTRIK ISTALASI….!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: