Dua PTN Keberatan Hasil Akreditasi

Malang-Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang yaitu Universitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Islam Negeri (UIN) keberatan dengan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sebab, tolok ukur penilaian BAN PT belum akurat dan beberapa pengembangan manajemen yang sedang dilakukan kampus tidak terekam dalam penilaian. Dari akreditasi beberapa waktu lalu, kedua PTN itu hanya mendapat nilai B. Keduanya mengaku optimistis mendapatkan nilai A mengingat tingkat pengembangan pembelajaran dan manajemen di kampus sudah baik.

“Dari usaha yang sudah kami jalankan, Unibraw layak mendapat A. Untuk itu sekarang kami berusaha meminta klarifikasi ulang ke BAN PT terkait hasil akreditasi ini,” ungkap Prof Dr Yogi Sugito, Rektor Unibraw, Selasa (3/6).

Hal senada diungkapkan Pembantu Rektor I UIN Malang, Prof Dr Mudjia Rahardjo MSi. Menurutnya, parameter penilaian yang dilakukan BAN PT baru sebatas angka statistik, seperti jumlah dosen, jumlah profesor, karyawan, dan mahasiswa. Sedang peningkatan institusi selama dua tahun terakhir tak mendapat poin khusus.

“Belum lagi upaya kampus dalam meningkatkan SDM dan rencana strategis yang sedang berjalan maupun beberapa tahun ke depan belum dihargai dalam bentuk poin penilaian,” jelas Mudjia Rahardjo secara terpisah.
Kedua PTN di Malang ini optimistis permintaan klarifikasi ulang hasil akreditasi institusi akan disetujui, mengingat BAN PT masih mencari format penilaian yang lebih sempurna. (Surya)

Explore posts in the same categories: Pendidikan

4 Komentar pada “Dua PTN Keberatan Hasil Akreditasi”

  1. qbo Says:

    terima aja pak

  2. the_a_ Says:

    unair akreditasinya juga B = protes juga
    unpad akreditasinya juga B = juga protes
    undip akreditasinya juga B = protes juga
    upi akreditasinya juga B = juga protes
    unhas akreditasinya juga B = protes juga
    usu akreditasinya juga B = juga protes
    uns akreditasinya juga B = idem

    hahaha… protes semua nih..

  3. Abu Yusuf Says:

    kalao mw download daftar univ. yang dapat akreditasi beserta hasilnya dimana ya? di ditus apa?penting..

    maturnuwun

  4. fajarwisnu Says:

    Silakan masuk di website Mirror Situs BAN-PT dengan alamat http://203.130.201.241, selanjutnya klik akreditasi. Silakan mencoba


Tinggalkan komentar