1.399 Guru MIPA Kena Rolling Awal

SURABAYA – Rollingatau pergeseran guru besarbesaran di Surabaya mulai berlaku pekan depan. Sebanyak 1.399 guru matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) bakal dapat giliran pertama.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Sahudi menuturkan, pihaknya memang sengaja mendahulukan para guru MIPA karena sebelumnya sudah selesai dilakukan evaluasi.Bahkan,Dindik juga selesai melakukan tes kompetensi dasar guru bagi mereka.

”Titik tekan yang kami pakai dalam melakukan rolling tenaga pengajar melihat usia kerja.Kebetulan guru yang sudah mengabdikan dirinya di dunia pendidikan di atas 20 tahun memperoleh kesempatan awal,”ujar Sahudi kemarin. Mantan Kepala SMAN 15 Surabaya itu menambahkan,penempatan guru yang akan di-rolling tidak sembarangan.

Ada pertimbangan kualitas serta kompetensi yang cocok sesuai kemampuan guru. Dindik sendiri melihat sekolah yang akan dijadikan sasaran. Bahkan, prestasi serta rangking sekolah juga menjadi pertimbangan dalam penempatan guru di sebuah sekolah. ”Kalau sekolahnya bagus,kami akan mengurangi sedikit jumlah guru yang berkualitas,” ungkap pria kelahiran Banyuwangi itu.

Sahudi juga menjelaskan, dengan adanya evaluasi guru diharapkan mampu memacu kinerja serta tanggungjawab setiap hari di sekolah. Hasilnya, kata Sahudi, sekarang tidak ada lagi laporan guru yang bermalas- malasan ketika mengajar. ”Pelaksanaan audit internal guru sendiri dilakukan secara berkelanjutan.

Kalau kualitasnya buruk maka guru harus menerima konsekuensi untuk diasingkan di sekolah yang buruk sehingga ada upaya perbaikan pendidikan bagi dirinya sendiri, ”imbuhnya. Semua draf dalam rotasi guru ini, kata Sahudi, sudah selesai dibuat dengan perhitungan kebutuhan guru tiap sekolah.

”Tinggal tunggu keputusan dan aturan yang tertuang dalam peraturan wali kota (perwali) saja,” ungkapnya. Dengan adanya rolling guru yang berkelanjutan, Dindik percaya kalau kualitas pembelajaran bisa dijaga. Bahkan, Sahudi yakin dengan trobosan ini hasil ujian nasional (UN) nantinya tidak akan jeblok seperti dua tahun terakhir.

Sekadar informasi, para guru yang siap terkana rolling terdiri dari 706 guru tingkat SMP,526 guru tingkat SMA, dan 167 guru tingkat SMK.Semuanya merupakan guru negeri. Sementara itu, rencana rolling guru ditanggapi positif sejumlah kalangan. Mereka mengaku jika kebijakan baru Pemkot Surabaya itu akan menciptakan suasana baru di sekolah.

Termasuk juga bagi para guru yang bersangkutan. Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Surabaya Sumarto misalnya menilai jika banyaknya guru yang menetap di satu sekolah seringkali menimbulkan kejenuhan.Akibatnya suasana belajar di sekolah menjadi kurang menarik.”Sehingga rolling ini menjadi perlu,”katanya.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya Isa Ansori juga menyambut gembira kebijakan baru tersebut.Namun demikian pihaknya berharap agar kebijakan itu tidak lantas menjadi hukuman bagi para guru.Misalnya,akibat prestasi yang kurang bagus tersebut, lantas mereka dipindahkan ke sekolah lain.

Wali Kota Surabaya Bambang DH menilai jika kebijakan rolling tersebut bukan sesuatu yang mudah. Apalagi bagi seorang pengajar. Penilaian tersebut tentnya berdasarkan hasil penilaian dari proses mutasi yang dilakukan untuk para pejabat. Menurutnya selama ini banyak lurah yang keberatan saat dipindah ke lokasi yang jauh. Sebab selain ongkos yang mahal,hal itu juga menyebabkan kinerja mereka terganggu. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “1.399 Guru MIPA Kena Rolling Awal”


  1. saya mungkin yang termasuk salah satu nantinya yang kena roling…namanya juga tugas, dimanapun akan sama motivasinya memajukan SDM anak didik kita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: