SMK Harus Ditata Ulang

SEMARANG – Sekolah Menengah Kejuruan diimbau untuk melakukan re-engineering (penataan ulang) program keahlian untuk tetap bertahan dan mendapatkan peminat.

Penataan ulang dilakukan dengan menambah jurusan baru yang diminati oleh pasar kerja.Kepala Bidang Pendidikan Menengah( Dikmen) Dinas Pendidikan Jawa Tengah Kartono mengimbau agar SMK dapat memperbanyak atau memperbarui program keahliannya.“

Itu boleh dan memang harus dilakukan. Jika tidak dikhawatirkan justru akan menambah pengangguran. Karena sekolah tidak bias menghasilkan tenaga kerja yang dibutuhkan dunia kerja saat ini,”katanya. Dia menambahkan, sejumlah program keahlian yang saat ini sangat diminati antara lain Teknik Jaringan Komputer dan Otomotif.

Tidak sulit untuk membuka program keahlian baru karena hanya mengajukan izin ke Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Tengah. Hal itu berlaku untuk SMK negeri maupun swasta. Jumlah program keahlian di Jateng saat ini se-banyak 90 dari 121 program yang ada di seluruh Indonesia.

“Yang penting jangan hanya berkutat dengan program keahlian yang saat ini sudah ada, karena pasti akan menemui titik jenuh. Cobalah untuk mengembangkan program keahlian yang marketable,”imbuhnya. Secara terpisah,Pengamat Pendidikan IKIP PGRI Semarang, Muhdi mengingatkan agar program vokasi yang gencar dikerjakan pemerintah tidak mengenyampingkan kualitas SMK.

Program Vokasi menitikberatkan pada pertumbuhan SMKdenganperbandingSMK-SMA sudahmencapai 60:40.“Jangansampai program itu, justru membuat kualitas pendidikan di SMK dan lulusannya turun karena lebih memperhatikan jumlahnya saja.” Menurut dia, pemerintah harus konsekuen dengan program vokasi yang sedang digalakkan sehingga tidak terkesan asal-asalan. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: