Revolusi Sekolah Satu Atap Dimulai

SURABAYA – Revolusi sekolah menjadi satu atap di Surabaya akan dimulai tahun ini. Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya mencanangkan tiap kecamatan harus ada sekolah satu atap yang bisa menampung semua tingkat, baik SD, SMP,dan SMA.

Kepala Dindik Surabaya Sahudi menuturkan, keberadaan sekolah satu atap nantinya bisa mempermudah warga Surabaya dalam mengakses lembaga belajar.Generasi baru pembentukan sekolah tidak lagi menjauh dari kerumunan warga, tapi sudah mengarah pada pendekatan ke wilayah penduduk.

”Wali murid juga tidak perlu lagi bingung-bingung mencari sekolah yang dekat dengan rumah ketika lulus.Tinggal melanjutkan saja di sekolah yang sama,tapi berbeda tingkat,”ujar Sahudi kemarin. Kepala SMPN 1 Surabaya Muchtar mengatakan, konsep sekolah satu atap memang bisa menjadi solusi baru di tengah keterbatasan ruang belajar. Cuma, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) pengajar dan sarana harus disiapkan secara matang.

”Tingkat koordinasi antarsekolah juga bisa dibangun.Pembentukan sekolah satu atap sendiri membutuhkan waktu yang lama karena pencarian lahan yang tepat kadang tidak sesuai,”sambungnya. Direktur Aliansi Tanggap Pendidikan (Atap) Surabaya Isa Anshori menuturkan, gagasan yang dicanangkan Dindik Surabaya sudah bagus.

Apalagi berhasil mengabungkan sekolah di berbagai tingkat. Cuma, Dindik juga harus realistis dalam mengemukakan gagasan. Realitas yang ada di Surabaya sulit mendapatkan lahan yang luas.Apalagi harga tanah di Surabaya terus melambung. ”Jadi, tidak mungkin cukup untuk memenuhi semua sekolah satu atap di tiap kecamatan,” ujar Isa dihubungi tadi malam.

Sementara itu, rencana membuat sekolah satu atap yang diwacanakan Dindik Kota Surabaya langsung ditentang anggota DPRD Surabaya.Yuzuar Datuk, anggota komisi D DPRD Surabaya, dengan tegas menolak keinginan Dindik yang akan membuat sekolah satu atap.

Sebab, dampak dari sekolah satu atap mengarah pada persoalan negatif.”Saya sangat tidak sepakat dengan rencana pembuatan sekolah satu atap,”katanya.Menurut dia, sekolah satu atap belum siap diterapkan di Surabaya. Jika memang dipaksakan, dampak secara psikologis akan terasa. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “Revolusi Sekolah Satu Atap Dimulai”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: