UMB PTS Tahap 3 Dibuka, Hari Ini Tahap 2 Diumumkan

SURABAYA- Para rektor yang tergabung dalam program Ujian Masuk Bersama (UMB) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sepakat membuka lagi pendaftaran mahasiswa baru untuk kali ketiga.

Kesepakatan itu muncul setelah para rektor mengevaluasi pelaksanaan UMB PTS di Jakarta Sabtu (25/7) lalu. Ketua SPMB Nusantara Regional III Prof Soegiono menyatakan proses UMB PTS yang yang sudah berlangsung dinilai kurang maksimal. “Semua PTS masih melakukan penerimaan mahasiswa baru (PMB) sendiri-sendiri dan kami telah mengevaluasinya bersama,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan, maka UMB PTS bisa diselenggarakan lebih dari dua kali dalam setahun. “Kami sudah sepakat untuk melaksankan tes lagi, konsepnya tetap sama, tinggal menentukan kapan pelaksanaannya. Awal Agustus ini kami akan menentukan kepastiannya,” tegas Soegiono.

Ketua Perbanas Surabaya Prof Tatik Suryani mendukung penyelenggaraan UMB PTS tahap ketiga. “Menurut saya bagus diselengarakan tahap berikutnya, karena memberi kemudahan akses bagi calon mahasiswa yang tempat pendaftarnya jauh dari PTS yang dituju,” ujar Tatik.

Ia menambahkan, hingga saat ini Perbanas Surabaya masih membuka pendaftaran. Jika diadakan pendaftaran tahap ketiga masih ada bangku kosong yang tersedia.

Meski demikian, lanjut Tatik, sosialisasi perlu ditingkatkan. “Meskipun diselenggarakan beberapa kali, tapi jika masyarakat tidak mengetahuinya tentu kurang optimal,” ungkapnya.

UMB PTS yang baru pertama diadakan, pada tahun ini sebenarnya sudah digelar dua kali. Seleksi pertama telah diumumkan 15 Maret 2009 lalu. Sedangkan hasil UMB PTS tahap dua diumumkan hari ini, Senin (27/7).

Dari dua tes itu tercatat jumlah peserta masih minim, sekitar 1.500 calon mahasiswa. Sesuai dengan konsep awal pelaksanaan proses pendaftaran dan pengumuman UMB PTS dilakukan secara online di http://www.spmb.or.id. (SURYA)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: