Industri Berebut Lulusan SMK

SURABAYA – Pamor Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jatim terus naik. Buktinya, puluhan industri mulai berebut lulusan SMK. Bahkan, Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim mengklaim tiap tahunnya ada 2.600 lulusan SMK langsung diterima kerja.

Salah satu upaya pengembangan yang dilakukan Pemprov Jatim terhadap SMK yaitu dengan membangun relasi bersama dunia usaha dan industri.Kepala Dindik Jatim Suwanto menuturkan, peminat siswa untuk masuk SMK kian bertambah tahun ini.Selain itu,makin banyak lembaga di Jatim yang mengajukan proposal untuk mendirikan SMK. Melihat animo tersebut,Dindik berusaha mengimbangi peningkatan kuantitas dengan memperbaiki kualitas di tiap sekolah.

Perbaikan dilakukan dengan menciptakan tenaga kerja tingkat menengah yang siap pakai. ”Tenaga kerja siap pakai lebih banyak dicari karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mendidik mereka melalui pelatihan,” kata Suwanto ketika ditemui di sela-sela pembukaan Job Matching Lulusan SMK di Jatim Expo Surabaya kemarin.

Kegiatan Job Matching atau bursa kerja yang digelar atas kerja sama Direktorat Pembinaan SMK Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) bersama Dindik Jatim dan Surabaya ini dinilai sangat efektif dan berguna bagi lulusan SMK. Job Matching sendiri dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa hingga hari ini. Ada 92 perusahaan di Jatim yang turut ambil bagian dalam bursa kerja khusus untuk tamatan SMK.

Ketua panitia Job Matching Soegiono menuturkan, ada sekitar 1.500 lowongan yang ditawarkan, mulai dari salon kecantikan hingga industri berat. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: