Peminat SNMPTN Tahun Ini Meningkat

JAKARTA–Peminat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2009 ini mengalami kenaikan sebanyak 9,04 persen dibanding tahun lalu. Namun, hanya 92.511 calon mahasiswa yang akan diterima di PTN.

”Tahun 2009 peminat SMPTN berjumlah 422.534 orang dan yang mengembalikan formulir hanya 412.248 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 359.751 orang,” ujar koordinator SNMPTN sekaligus Rektor Universitas Nasional Surabaya, Prof Haris Supratno, Kamis (30/7).

Menurut Haris, SMPTN ini diikuti oleh 57 PTN, terdiri dari empat wilayah, yakni Wilayah I meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Barat. Kemudian wilayah II terdiri dari Jawa Tengah dan DIY, lalu Wilayah III Jawa Timur, Bali, NTB, NTT,Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan, serta wilayah IV terdiri atas Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi, dan Papua.

Sayangnya daya tampung SNMPTN ini hanya sebanyak 100.235 orang dan calon mahasiswa yang diterima sebanyak 92.511 orang dengan rincian IPA 44.504, IPS 48.007 orang. Daya tampung yang tidak terpenuhi sebanyak 7.724 atau 7,7 persen. Daya tampung yang terpenuhi ada pada 15 PTN dan yang tidak ada pada 42 PTN. Sedangkan nilai terendah peminat kelompok IPS adalah Universitas Khairun, Universitas Malikussaleh, Universitas Pattimura, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Negeri Papua.

Nilai rata-rata tertinggi atau terbaik IPA adalah ITB, UI, UGM, UNS, dan Undip. Sedangkan IPS adalah UI, UGM, UNAIR, UB dan Unpad. Nilai terendah kelompok IPA adalah Universitas Khairun, Universitas Negeri Papua, Universitas Pattimura, dan Universitas Tadaluko. Sedangkan nilai terendah peminat kelompok IPS adalah Universitas Khairun, Universitas Malikussaleh, Universitas Pattimur, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Universitas Negeri Papua.

Nilai rataan tertinggi calon mahasiswa yang diterima untuk kelompok IPA: ITB 92,54, UGM 88,88, UI 87,11, ITS 83,55, dan UNAIR 83,36. Sedangkan untuk IPS, UGM 88,42, UI 85,97, UNAIR 83,89, UNS 79,89 dan UB 78,35.

Menurut Prof Haris, jurusan yang paling diminati adalah jurusan kedokteran, IPA, teknik informatika, ekonomia akuntasi, pendidikan. ”Untuk jurusan pendidikan naik signifikan,” tegasnya. (Republika)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: