Puluhan SMK Baru Siap Beroperasi di Jatim

SURABAYA – Pemerintah terus menggenjot pertumbuhan sekolah menengah kejuruan (SMK). Bahkan,Pemprov Jatim berencana menambah sedikitnya 30 SMK baru mulai pertengahan 2009 ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Suwanto menuturkan, animo SMK memang terus meningkat sepanjang 2009 ini.Pengajuan dari daerah yang ingin dibangunkan gedung SMK juga terus mengalir.” Kebutuhan bidang ilmu baru yang diterjemahkan dalam jurusan SMK juga memungkinkan untuk ditambah.Salah satunya pertanian dan teknologi informasi (IT),” ujar Suwanto kemarin. Penyebaran SMK sendiri tidak hanya berpusat di kawasan kota.

Dindik Jatim juga mengambangkan SMK di kawasan pinggiran serta lokasi pondok pesantren (ponpes). Dengan begitu, siswa di ponpes tidak hanya memperoleh muatan pendidikan agama, tapi juga mendapat pendidikan keterampilan.” Sudah ada ponpes yang mengajukan kesiapannya didirikan SMK.Pengembangan kejuruan di semua lini masyarakat tampaknya bisa terwujud,”ungkapnya. Kepala Dindik Surabaya Sahudi mengatakan, tiap SMK rata-rata sudah memiliki akses jaringan ke dunia industri.

Dengan begitu, setiap lulusan SMK tidak lagi kesulitan dalam memperoleh pekerjaan. ”Makanya pengambangan SMK terus digalakan untuk menjawab tantangan dunia kerja.Selain mampu memahami teori,para siswa SMK juga memiliki skill yang bisa dipakai modal menjalani hidup,”imbuh pria kelahiran Banyuwangi itu. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: