Rp 150 M untuk 10 SMK

SURABAYA – Pemprov Jatim terus memperbanyak jumlah sekolah menengah kejuruan (SMK). Bahkan sebagai upaya mempercepat tercapainya proporsi perbandingan 60 : 40 antara SMK dengan sekolah umum, tahun ini pemprov menggerojok anggaran sebesar Rp 150 miliar untuk pendirian SMK baru.

Dengan jumlah anggaran itu, diharapkan 10 SMK baru dapat di bangun. Karena pendirian satu SMK diperkirakan menelan anggaran Rp 15 miliar. Daerah yang ditunjuk sebagai lokasi pendirian SMK baru diminta menyediakan lahan, sementara semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan disediakan pemprov.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan meski pendirian SMK baru belum dapat memenuhi proporsi perbandingan 60 persen, tapi secara bertahap pihaknya yakin proporsi ideal itu akan terwujud. “Dan itu pastinya butuh waktu,” ujarnya, Sabtu (1/8).

Soekarwo berharap dengan bertambahnya jumlah SMK maka siswa yang lulus pendidikan langsung siap terjun di dunia kerja. Untuk itu, 10 SMK baru yang akan di bangun harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar pekerjaan. “Harus ada link and match antara materi pelajaran yang diujikan dengan profesi pekerjaan yang ditawarkan,” jelasnya.

Agar hal itu terwujud, selain menyiapkan kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai, SDM tenaga pengajar alias guru juga harus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan anak didik. “Jadi sistem upgrade kemampuan guru untuk meningkatkan siswa SMK yang hadal dan siap kerja harus dilakukan,” tegas Soekarwo. (SURYA)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “Rp 150 M untuk 10 SMK”

  1. cak alief Says:

    muanteb… semoga segera terealisasi SMK yang baru.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: