Akan Ada Program Bapak Angkat Untuk Lulusan Kejuruan

Bandung – Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung membuka program bapak angkat bagi siswa lulusan sekolah kejuruan. “Kita belum publikasi secara besar-besaran karena keterbatasan tempatnya,” kata Direktur Polman Bandung Isa Setiasyach Toha di Bandung, Senin (3/8).

Program ini ditujukan bagi siswa lulusan sekolah kejuruan untuk mendapatkan tambahan keterampilan di industri manufaktur. Daya tampung program pendidikan gratis selama enam bulan ini masih terbatas.

Program yang dikelola TESDC (Technical & Enterpreneurial Skill Development Center), lembaga bentukan Polman dan Yayasan Citra Siliwangi, disokong World Bank yang menghibahkan sejumlah mesin untuk pendidikan keterampilan di bidang manufaktur. Program ini membidik lulusan sekolah kejuruan yang belum bekerja dengan memberikan beasiswa model bapak angkat.

Isa mengatakan, lewat program ini, lulusan sekolah kejuruan mendapatkan pendidikan mulai dari basic skill di bidang manufaktur, magang di industri, termasuk jaminan penempatannya ketika sudah menyelesaikan programnya nanti. Para siswanya juga mendapatkan sertifikat untuk sejumlah kualifikasi dasar untuk bekerja di industri manufaktur.

Peserta program ini menjalani pendidikan selama 6 bulan. Tiga bulan pertama berupa pendidikan dan praktek keterampilan dasar di industri manufaktur, dua bulan magang di industri, dan sebulan untuk mendapatkan pendidikan soft skill seperti bahasa dan wira usaha. Dua orang peserta program gelombang pertama kini tengah magang di MARA, lembaga semacam BPPT di Malaysia.

Progam ini sudah berjalan sampai gelombang kedua. Peserta angkatan pertama dimodali oleh PT Indonesia Power yang diikuti oleh 12 peserta yang berasal dari Bandung dan Garut. Gelombang kedua dimodali PT Peruri yang mensponsori lulusan sekolah kejuruan yang tidak mampu di Karawang, lokasi pabrik perusahaan itu.

Juru Bicara TESDC Armandria U Soerianatasoedjana mengatakan, ada gap antara sekolah kejuruan yang ada sekarang dengan kebutuhan industri. “Seperti praktek las, mereka (siswa sekolah kejuruan) menonton gurunya ngelas,” katanya.

Kondisi ini, paparnya, terjadi akibat keterbatasan sarana ditambah jumlah siswa sekolah kejuruan yang tidak tertampung. Gara-gara itu, paparnya, lulusan sekolah kejuruan kebanyakan kurang keterampilannya. Kondisi ini, lanjutnya, yang coba dijembatani lewat program ini.

Pihaknya, paparnya, mencarikan bapak angkat bagi peserta program ini. “Perusahaan yang jadi bapak angkat ini yang membiayai mereka selama mengikuti program ini,” kata Armandia. Dia mengaku sulit menjaring perusahaan yang mau berinvestasi berupa pemberian beasiswa di Indonesia.

Program ini baru diumumkan di kalangan sekolah kejuruan. Kendati, papar Armandia, tidak dibatasi bagi lulusan sekolah kejuruan saja. Syarat mengikuti program ini asalkan lulus tes dan wawancara.

Peserta program ini mendapatkan praktik dalam mengoperasikan alat kerja sampai delpan jam seharinya sebagai simulasi kondisi kerja yang bakal dihadapinya. “Kita juga didik mereka kalau menghadapi kondisi lembur bagaimana,” kata Armandia.

Direktur Utama PT Peruri Junio Jahja mengatakan, industri saat ini membutuhkan skill labour, atau tenaga kerja yang terlatih. Program semacam ini, paparnya, untuk memenuhi kebutuhan itu.

Pihaknya, paparnya, merekrut lulusan sekolah kejuruan di Karawang untuk menjalani pendidikan di sini. Perusahaannya menanggung biaya pendidikan selama di sana. Tidak ada ikatan apa pun bagi peserta program yang disponsorinya itu.

Tahun ini perusahaan itu hanya menggelontorkan Rp 80 juta dari dana Program Kemintraan dan Bina Lingkungan perusahaan itu. Dana yang digelontorkannya hanya sebesar itu, alasannya, daya tampungnya masih terbatas. (TEMPO Interaktif )

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “Akan Ada Program Bapak Angkat Untuk Lulusan Kejuruan”


  1. waoh… program ini luar biasa… patut ditiru oleh lembaga yang lain sehingga tidak asal meluluskan tapi juga membantu setelah lulus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: