Guru Bisa Dapat hingga Rp 4 Juta

Jakarta – Seorang guru yang telah selesai mengikuti sertifikasi dan bersedia ditempatkan di daerah terpencil mulai tahun depan akan dinaikkan kesejahteraannya. Guru di lokasi terpencil bisa mendapat Rp 3 juta-Rp 4 juta.

Apabila sebelumnya golongan terendah guru bersertifikasi mendapat minimal Rp 2 juta per bulan, mulai tahun depan penghasilannya bisa mencapai Rp 3 juta atau Rp 4 juta.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Kebudayaan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Nina Sardjunani saat dihubungi Kompas di Jakarta, Senin (3/8) malam.

Saat menyampaikan Pidato Pengantar Keterangan Pemerintah atas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2010 beserta Nota Keuangannya di Rapat Paripurna Luar Biasa DPR, Senin (3/8) di Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, mulai tahun depan pemerintah akan merealokasi tunjangan profesi guru dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 8,9 triliun.

Rencana itu sesuai dengan semangat Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen. Juga akan dialokasikan tambahan tunjangan kependidikan bagi guru sebesar Rp 7,9 triliun.

”Katakanlah, penghasilan terendah seorang guru minimal Rp 2 juta sebulan. Jika sudah selesai mengikuti proses sertifikasi, ia mendapat tambahan satu kali besar gajinya, Rp 1 juta sehingga penghasilannya Rp 3 juta. Apabila ia bertugas di daerah terpencil, ia mendapat tambahan satu kali gaji. Jadi penghasilannya bisa Rp 4 juta,” ujar Nina.

Menurut Nina, pemerintah menetapkan tambahan tunjangan kependidikan bagi semua guru yang telah memenuhi syarat mengajar 24 jam per kelas atau per minggu. Ada tiga tunjangan, yaitu, pertama, tunjangan fungsional guru, besarnya Rp 250.000 per bulan. Tunjangan berikutnya adalah tunjangan profesi, yaitu guru-guru yang telah menyelesaikan proses sertifikasinya. Satu lagi adalah tunjangan bagi guru di daerah terpencil.

Menurut Nina, sertifikasi guru telah dilakukan sejak 2006 lalu. ”Hingga akhir tahun 2008 jumlah guru yang disertifikasi 318.151 guru pegawai negeri sipil. Jumlah alokasi anggaran mencapai Rp 8,9 triliun,” lanjut Nina. (KOMPAS)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: