Tunjangan Profesi Belum Jelas

SURABAYA – Para calon penerima tunjangan profesi guru untuk lulusan sertifikasi kuota 2006– 2007 di Surabaya masih resah.Pasalnya,hingga kini belum ada titik terang kapan tunjangan akan cair.

Padahal, Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya semula berjanji akan mencairkan tunjangan profesi pada akhir Juli 2009.Tapi sampai awal Agustus ini, ratusan guru juga belum menerima tunjangan. Penyebabnya, masih ada puluhan guru yang belum menyerahkan persyaratan data ulang.

Alexander Watumlawar, guru SMK Pelayaran Bhakti Samudra yang belum menerima pencairan tunjangan profesi menuturkan,semua persyaratan pendataan ulang penerima tunjangan profesi sudah diserahkannya jauh-jauh hari. ”Tapi sampai saat ini lanjutan pencairan tunjangan profesi mulai dari Januari hingga Juli 2009 belum juga dikirim.

Harusnya kalau sudah menyerahkan pendataan ulang, saya bisa menerima lanjutan tunjangan,” ujar Alexander kemarin. Sejak dua bulan lalu pihaknya sudah sering menanyakan pencairan tunjangan tersebut.Namun,dari Dindik Surabaya maupun Dindik Jatim belum bisa memberikan kepastian.

”Alasannya selalu saja persyaratan dari guru belum jelas,” ungkapnya. Alexander juga menyayangkan sikap Dindik Surabaya dan Jatim yang saling melimpahkan tanggung jawab.”Kalau kami datang ke Dindik Jatim,katanya data dari Surabaya belum masuk. Tapi ketika tanya ke Dindik Surabaya, malah disuruh ke Jatim,”imbuhnya.

Kepala Bidang Ketenagaan Dindik Surabaya Yusuf Masruh menuturkan, masalah pencairan tunjangan profesi memang belum beres. Pihaknya masih menunggu data ulang 25 guru yang belum juga menyerahkan data pribadi. Masalah itu yang membuat Dindik Surabaya kalang kabut ketika ditanya lanjutan pencairan tunjangan profesi guru kuota 2006– 2007.

Yusuf mengatakan, sejak awal 2009 lalu ada 261 guru yang menerima tunjangan profesi belum juga menyerahkan data pribadi.”Kami sampai sekarang terus menghubungi guru yang bersangkutan untuk menyerahkan kekurangan data. Kalau semuanya terkumpul, semua tunjangan profesi untuk kuota 2007 bisa segera dicairkan,” jelasnya.

Data pribadi yang ingin ditarik para guru mencakup nama lengkap, alamat,nomor rekening,masa jabatan, sampai status kepegawaian terakhir. Semua data itu wajib dilakukan pendataan ulang guna mengetahui kejelasan guru dalam tiap bidangnya. ”Kalau saja ada guru yang sudah alih tugas atau keluar dari profesi pengajaran bisa segera diputus,”ungkapnya.

Yusuf berjanji,dalam waktu dekat tunjangan profesi bisa segera dicairkan.”Semoga saja dalam bulan ini semua pendataan ulang segera didapat,”imbuh Yusuf. Setelah mendapat data itu, kata Yusuf,Dindik Surabaya segera menyerahkan semua persyaratan ke Dindik Jatim.Setelah itu semua tunjangan akan dirapel mulai Januari hingga Juli 2009.

”Surat Keputusan (SK) dari pusat ke Dindik Jatim juga sudah turun, jadi pencairan tinggal hitungan waktu,” pungkasnya. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: