Ketentuan 24 Jam Mengajar Bakal Diatur

Jakarta – Pemerintah segera menerbitkan ketentuan mengenai kewajiban beban tugas mengajar selama 24 jam seminggu bagi para guru tersertifikasi. Kewajiban tersebut selama ini masih menimbulkan masalah saat pelaksanaannya.

Selain mengajar di kelas, menurut Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional Baedhowi, dalam 24 jam mengajar tersebut termasuk pula mengajar Paket A, B, C, serta melaksanakan remedial, team teaching (mengajar secara berkelompok), dan mengajar di sekolah lain.

Untuk daerah terpencil, alternatif tersebut dapat dijalankan seterusnya. Adapun di daerah perkotaan, alternatif mengajar itu hanya pada masa transisi sekitar dua tahun.

Saat ini sebagian guru mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajiban mengajar 24 jam sebagai syarat sertifikasi.

Salah seorang peserta simposium, Budi dari SMAN 6 Yogyakarta, mencontohkan, kegiatan team teaching, misalnya, menjadi perdebatan di kalangan para guru. ”Ada kabupaten yang mengizinkan, tetapi ada juga sebaliknya. Kontroversi ini membingungkan dan menurunkan semangat para guru,” ujarnya.

Sejumlah peserta simposium mempertanyakan pengawasan berkelanjutan. Dikhawatirkan, untuk memenuhi ketentuan itu, guru mengajar di banyak sekolah sehingga profesionalitas menjadi menurun.

Baedhowi berpendapat, kesulitan memenuhi 24 jam mengajar muncul karena jumlah guru terlalu banyak. Terjadi inefisiensi. ”Calon peserta uji sertifikasi sudah ada persyaratan jam mengajar. Namun, praktiknya peserta yang dipilih terkadang tidak sesuai,” ujarnya.

Begitu lolos uji sertifikasi, baru muncul masalah itu. Ke depan, diharapkan pemerintah daerah menyaring peserta uji sertifikasi sesuai ketentuan. (KOMPAS)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: