Siswa SMA Bisa Dapat ”Ijazah” SMK

SURABAYA – Siswa SMA sebentar lagi tak perlu iri dengan siswa SMK yang menjadi ”anak emas”Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

Dalam waktu dekat,siswa SMA bisa meraih ijazah dobel setelah mengikuti tambahan pendidikan di SMK. Depdiknas sudah meluncurkan program career center yang ditujukan bagi siswa SMA. Nantinya, siswa SMA yang memiliki ketertarikan di bidang kejuruan bisa mengikuti proses pendidikan kompetensi serta sertifikat yang mirip ijazah kompetensi siswa SMK.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Ruddy Winarko menuturkan, para siswa SMA bisa memperoleh keahlian berupa kompetensi SMK dari berbagai jurusan yang dituju. Depdiknas melalui Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandiknasmen) sengaja memberikan peluang bagi siswa SMA yang memiliki kemauan dalam pengembangan diri.

Meskipun menempuh pendidikan di tingkat SMA,peluang untuk mengembangkan bakat dan minat masih dibuka lebar. ”Proses pendidikannya dilakukan di tiap SMK. Para siswa bisa memilih jurusan serta spesifikasi keahlian yang diinginkan,” ujar Ruddy kemarin. Kepala Dindik Surabaya Sahudi menuturkan, dengan adanya career center, siswa lulusan SMA tidak kesulitan ketika ingin masuk dunia kerja.Pasalnya,siswa itu bisa memiliki keahlian serta sertifikat kompetensi seperti yang dimiliki siswa SMK.

Untuk teknisnya,lanjut Sahudi, siswa SMA itu selain memperoleh pendidikan kompetensi di SMK juga ikut dalam ujian kompetensi yang dilakukan tiap tahun. Para tenaga pengajar yang memberikan bimbingan kepada siswa SMA nanti juga berasal dari praktisi yang selama ini mengajar di SMK. ”Jadi,kemampuan yang berhubungan dengan keahlian bisa sejajar. Siswa SMA yang gandrung terhadap keahlian akan dibina sesuai porsi SMK dan tertuang dalam bentuk kursus,” ungkap mantan Kepala SMAN 15 Surabaya itu.

Sahudi menjelaskan,untuk teknis pelaksanaan sebenarnya sudah direncanakan oleh Depdiknas mulai Desember 2009. Cuma, Dindik Surabaya berupaya untuk memperoleh dispensasi percepatan waktu pelaksanaan. ”Kalau keinginan kami sebenarnya bisa dimulai bulan ini sehingga banyak siswa SMA yang sudah bisa memanfaatkan layanan itu,” imbuh pria kelahiran Banyuwangi itu. Tapi, kata Sahudi, rencana untuk memajukan pelaksanaan career center di Surabaya belum mendapatkan jawaban pasti dari Depdiknas.

Pihaknya sendiri masih menunggu keputusan resmi tentang pelaksanaan career center. ”Kalau secara lisan kami sudah menyampaikan, tapi surat resmi belum kami terima dari Jakarta. Kalau surat itu sudah ada di meja kami,maka secepatnya pelaksanaan career centerkami lakukan serentak di Surabaya,” ungkap bapak tiga anak ini. Ketua Dewan Pendidikan Jatim Zainuddin Maliki mengatakan, program career center yang dicanangkan Depdiknas di beberapa kota bisa diberikan apresiasi.Terutama untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Cuma, teknis pelaksanaan program itu setengah-setengah.Pasalnya, kalau pelaksanaan kursus dan ujian kompetensi hanya dilaksanakan ketika siswa menempuh pendidikan di kelas XII, terlalu dipaksakan. ”Pendidikan kompetensi itu tidak bisa dilaksanakan dalam hitungan bulan. Jangan selalu berkesimpulan siswa bisa memahami dengan cepat meskipun dia (siswa) memiliki bakat,”ungkapnya. Kalau mau serius, pemerintah harusnya memulai pilihan siswa ketika duduk di bangku kelas 11.

Bagi siswa yang ingin menambah kemampuan mesin,tata boga,busana, atau perhotelan, bisa dispesifikasikan. Bahkan,pelaksanaan kursus sendiri bisa dilakukan sejak siswa SMA duduk di kelas 11. Kondisi itu, lanjut Zainuddin, sama seperti yang dilakukan di Australia. Di negara kanguru itu siswa SMA juga diberikan kesempatan untuk menambah kreativitas ketika duduk di kelas 11.

”Pelaksanaan kursus setidaknya menempuh waktu dua tahun, jangan hanya berpikir instan kemudian bisa dapat ijazah maupun sertifikat,” sambung Zainuddin yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) itu. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: