SMK Terbuka Dimulai 2010

JAKARTA-Menyusul sambutan luas terhadap keberadaan SMP Terbuka, Depdiknas berencana menggelar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbuka mulai tahun 2010.

Untuk tahap awal, SMK terbuka akan dimulai di empat hingga lima provinsi yang hingga kini masih dalam pengkajian. Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo saat membuka Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Siswa SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2009 Bidang Akademik di gedung Depdiknas Jakarta, baru-baru ini.

Mendiknas memuji tingginya daya juang para siswa SMP Terbuka dalam mengikuti ujian nasional nasional (UN) SMP reguler (bukan Paket B). Siswa SMP Terbuka adalah anak-anak yang tidak dapat sekolah secara regular di SMP, tapi mereka tidak mengikuti program kesetaraan Paket B.

Ia menilai program SMP Terbuka merupakan sebuah kreativitas yang diciptakan Depdiknas. SMP Terbuka menginduk pada SMP tertentu yang sudah berjalan dengan baik. Para siswanya mendapatkan pembelajaran dua pekan sekali dari SMP induknya, selebihnya mereka belajar mandiri di desanya masing-masing.
Difasilitasi Laptop Untuk memperbaharui pembelajarannya, siswa difasilitasi dengan laptop yang dilengkapi dengan modul-modul di dalamnya dan cara pembelajaran tersebut sudah berjalan dengan baik.

”Karena itu saya meminta kepada Direktur Pembinaan SMK Depdiknas mulai memikirkan untuk membuka SMK Terbuka. Apalagi saat ini banyak SMK yang sudah mapan,” kata Bambang.

Mengenai rencana pembukaan SMK Terbuka, menurut Mendiknas, hanya tinggal ditempelkan saja pada SMK yang lama tanpa perlu membangun gedung-gedung baru.

Menurut dia, pilot project di beberapa SMK sudah berhasil dengan baik, terutama untuk jurusan pemasaran. Direktur Pembinaan SMK Depdiknas Joko Sutrisno mengatakan, pada tahun 2010 SMK Terbuka akan dimulai dan pihaknya mengaku sudah siap. Apalagi operasionalnya tidak memerlukan anggaran yang besar.

”Mungkin akan dimulai di empat atau lima provinsi, yaitu di pulau Jawa, Sumatera dan mungkin di Sulawesi Selatan. Kami akan buka dua SMK Terbuka di setiap provinsi, mungkin akan ada di 15 titik,” kata dia. (Suara Merdeka)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: