Mulai Tahun Ajaran 2009, UGM Hapus Ospek

Yogyakarta – Mulai tahun akademik 2009-2010 ini Universitas Gajah Mada Yogyakarta menghapus Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) karena dinilai lebih menekankan aktivitas fisik dengan motivasi balas dendam antara senior dengan yuniornya. Sebagai gantinya, diluncurkan program Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB).

“Kalau dulu Ospek bersifat ekstra kurikuler, PPSMB adalah kegiatan ko-kurikuler. Dengan demikian setiap aktivitas PPSMB harus bisa dipertanggungjawabkan secara akademis,” tegas Direktur Kemahasiswaan UGM, Haryanto, kepada wartawan di kampus UGM, Selasa (18/8) siang.

Tahun akademik 2009-2010 ini UGM menerima 9.092 mahasiswa baru, 252 orang di antaranya mahasiswa asing. Mahasiswa baru UGM tersebut diterima oleh Rektor UGM, Sudjarwadi, dalam sebuah upacara khusus di kampus UGM, Selasa (18/8) pagi.

Menurut Haryanto, PPSMB tidak membolehkan aktivitas yang bersifat fisik semata seperti yang sering terjadi dalam pelaksanaan Ospek. Bahkan, aktivitas latihan demonstrasi yang biasanya berlangsung pada hari terakhir Ospek, juga tidak diperbolehkan dilakukan dalam PPSMB nanti.

PPSMB, lanjut Haryanto, dilaksanakan di masing-masing fakultas, 19-21 Agustus 2009. Pelaksananya tetap pengurus mahasiswa masing-masing fakultas, namun ditambah dengan adanya dosen pendamping serta tanggungjawab berada di pengurus fakultas (dekanat).

“Kita tidak menginginkan ekses pepeloncoan seperti yang terjadi di STPDN. Bahkan, tahun lalu sempat kecolongan dengan adanya korban meninggal di ITB,” kata Sentot, panggilan sehari-hari Direktur Kemahasiswaan UGM ini.

Menurut Haryanto, PPSMB tetap membolehkan adanya aktivitas fisik, namun harus tetap ada penjelasan akademiknya. Misalnya, kegiatan bersifat fisik di Fakultas Kehutanan karena untuk menunjang aktivitas di lapangan nanti. “Jadi, aktivitas fisik itu bukan semata-mata didasarkan atas motivasi balas dendam antara senior dengan yuniornya seperti yang selama ini terjadi,” katanya.

Seluruh mahasiswa baru UGM tahun akademik 2009-2010, tegas Sentot, wajib mengikuti PPSMB ini. Bagi mahasiswa baru yang tidak bisa mengikuti PPSMB dengan alasan yang bisa diterima, nantinya akan tetap wajib menguikuti PPSMB yang dilaksanakan di tingkat universitas. (TEMPO Interaktif)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: