Pembelajaran SMK Perlu Dikaji Ulang

SEMARANG – Pemerintah dirasa perlu melakukan kajian lebih mendalam terkait efektivitas pembelajaran di SMK.

Perlu dilihat apakah kualitas lulusan yang merupakan hasil dari pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan harapan atau belum.

“Jika memang belum bisa memenuhi, pemerintah harus melakukan penataan ulang,” kata Asdir I Program Pascasarjana (PPS) Unnes Dr Samsudi saat ditemui pada acara seminar nasional “Membangun Etika dan Budaya Akademik melalui Implementasi R&D” di auditorium kampus Unnes Sekaran, baru-baru ini.

Samsudi menilai, Program Vokasi yang dicanangkan pemerintah tidak melalui kajian yang mendalam. Targetnya hanya sebatas pada tercapainya perbandingan 60:40 dengan SMA. Bahkan baru-baru ini terjadi penambahan sekitar sebelas SMK dalam satu tahun terakhir di Grobogan, Kabupaten Purwodadi.

“Harusnya pemerintah lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas,” tandas dia.

Sangat disayangkan, lanjut dia, ketika pada akhirnya lulusan SMK justru menganggur. Itu sangat mungkin ketika hanya mengedepankan kuantitas yang terbentuk justru “SMK sastra”.

“SMK jenis ini hanya mengajarkan teori tapi nol praktik. Jangan sampai gara-gara mengejar kuantitas, malah mengorbankan kualitas,” tandasnya.
Perpanjang Waktu Samsudi juga mengkritisi rencana pemerintah untuk memperpanjang waktu belajar di SMK menjadi empat tahun. Dia mempertanyakan jaminan sosial dan ekonomi serta keefektifan penguasaan keahlian yang diterima siswa selama masa belajar itu.

Dengan waktu belajar diperpanjang, otomatis biaya yang dikeluarkan pemerintah bertambah. Selain itu, siswa juga harus berkorban usia yang mundur satu tahun. (Suara Merdeka)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “Pembelajaran SMK Perlu Dikaji Ulang”

  1. wahyu am Says:

    nice info😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: