Ratusan Siswa SMK Dapat Ijazah Dobel

SURABAYA – Dunia Pendidikan tampaknya harus terus berbenah. Pelaksanaan sistem pendidikan yang buruk membuat lulusan sekolah kalang kabut.

Terbaru, ratusan siswa SMK di Surabaya memperoleh ijazah kelulusan sekolah dobel dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Pemberian ijazah dobel itu membuat siswa SMK memiliki ijazah kelulusan ujian nasional (UN) dan ijazah kelulusan ujian kejar paket C. Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya sendiri mengesahkan kedua ijazah itu tanpa menarik salah satunya.

Kepala Bidang Pendidikan luar Sekolah (PLS) Pemuda, dan Kesenian Dindik Surabaya Edi Santoso menuturkan, adanya ijazah dobel yang diterima siswa SMK tak lepas dari masalah nilai kompetensi siswa SMK yang dulu sempat tertahan. ”Belum keluarnya nilai kompetensi itu akhirnya ada 400 siswa SMK asal Surabaya yang dinyatakan tidak lulus UN.Setelah itu ratusan siswa SMK tersebut ikut ujian kejar paket C,” ujar Edi kemarin. Tapi,setelah pelaksanaan ujian kejar paket C selesai, kabar kelulusan UN 400 siswa itu baru keluar.

Dan hasilnya mereka (siswa) lulus UN dengan hasil di atas standar kelulusan. Sementara di satu sisi hasil ujian kejar paket C juga selesai. Pada pelaksanaan ujian kejar pekat C itu para siswa juga lulus. ”Mau tidak mau siswa menerima dua ijazah kelulusan tingkat SMA sederajat. Mereka memegang ijazah kelulusan UN SMK dan juga memegang ijazah kelulusan kejar paket C,”ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non-formal, Informal dan Nilai Budaya Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Sunarto menuturkan, pihaknya mengakui semua kesalahan yang dilakukan pemerintah atas keterlambatan penyerahan ijazah kejar paket C.Semua keterlambatan penerimaan ijazah itu akibat lambatnya pengiriman lembar ijazah dari pusat.

”Setelah dapat kiriman kami langsung distribusikan ijazah itu ke Dindik tiap kabupaten/kota untuk ditandatangani. Setelah proses itu ijazah bisa diserahkan pada peserta ujian kejar paket C,” ungkapnya. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: