September, Penilaian Sertifikasi Selesai

SOLO – Hasil uji portofolio 77 dosen yang mengikuti program sertifikasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan dikirim ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), dalam waktu dekat. Saat ini, Panitia Sertifikasi Dosen (PSD) di UMS sedang memverikasi hasil penilaian.

”Kami berupaya setelah Idul Fitri bisa mengirim hasil verifikasi nilai ke Dikti. Bulan ini masih menyelesaikan beberapa berkas penilaian. Apalagi selama Ramadan juga banyak kegiatan yang diikuti para asesor,” kata Ketua PSD UMS Prof Dr Budi Murtiyasa MKom, Sabtu (29/8).

Setelah diserahkan ke Dikti, hasil penilaian itu akan diverifikasi lagi sebelum penetapan kelulusan. Kelak, pengumuman hasil diserahkan ke perguruan tinggi penyelenggaran (PTP) untuk diteruskan ke perguruan tinggi pengusul.
UMS merupakan perguruan tinggi pengusul sertifikasi dosen kategori mandiri. Jadi perguruan itu bisa melakukan uji portofolio para dosen dari perguruan tinggi pengusul yang sederajat atau di bawahnya.

”Untuk kuota 2009, kami menilai 77 dosen dari 21 perguruan tinggi pengusul dari Jawa Tengah. Untuk keperluan itu, panitia menerjunkan 13 asesor,” ujar dia.

Dia menyatakan meski telah menjadi perguruan tinggi pengusul sertifikasi dosen, UMS masih membutuhkan asesor dari universitas lain, yakni untuk bidang teknik. Hal itu tak melanggar prosedur karena untuk memenuhi kebutuhan penilaian.

”Untuk bidang teknik, kami memang belum memiliki guru besar. Jadi panitia meminta satu guru besar UNS bidang teknik untuk membantu di UMS,” tutur dia.

Wakil Direktur I Pascasarjana UMS itu mengatakan, sertifikasi dosen yang sudah memasuki tahun kedua ini mengalami banyak perbaikan dari sisi peserta. Itu terlihat dari keminiman kesalahan yang dibuat peserta saat mengisi atau melengkapi berkas.

”Mungkin karena sudah masuk tahun kedua, sehingga mereka banyak belajar dari sejawat yang telah lulus. Selain itu, beberapa universitas juga melakukan sosialisasi lebih luas kepada para dosen.”

UMS, ujar dia, mengirimkan 67 dosen untuk mengikuti sertifikasi di beberapa perguruan tinggi negeri, seperti UGM, ITB, dan UNS. Untuk kuota 2008, perguruan tinggi itu mengirim 71 dosen untuk mengikuti sertifikasi. (Suara Merdeka)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: