Wah… Kuliah di FK Undana, Rp 20 Juta Per Semester!

KUPANG — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan fakultas yang mencatat biaya pendidikan termahal, hingga Rp 20 juta per semester.

“FK memang saat ini menjadi satu-satunya fakultas termahal dalam lingkup Undana, bahkan fakultas termahal pada universitas atau perguruan tinggi negeri dan swasta di NTT,” kata Rektor Undana Frans Umbu Datta di Kupang, Rabu (2/9).

Umbu mengatakan, mahalnya FK Undana jangan dilihat dari Rp 20 juta, yang dirinci menjadi Rp 15 juta untuk kebutuhan perkuliahan dan Rp 5 juta sumbangan pengembangan dan pembangunan. Menurutnya, dari segi investasi masa depan, jumlah tersebut terbilang kecil.

Namun, dia menambahkan, jumlah tersebut tidak sepenuhnya tanggungan mahasiswa. Saat ini, ada sekitar 12 dari 50 mahasiswa FK Undana yang mendapatkan subsidi dari pemerintah kabupaten (pemkab) dalam bentuk ikatan kuliah.

Di luar itu, kata Umbu Datta, pihak Undana juga memperoleh dana dari beberapa sponsor yang berbentuk beasiswa bagi mahasiswa FK yang berprestasi secara akademik. Menyinggung pemanfaatan dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBN, Umbu mengatakan, dari sekitar Rp 200 triliun alokasi APBN untuk pendidikan, sekitar 50 persen untuk biaya pengembangan pendidikan dan fasilitas pendidikan. Kemudian, 50 persennya untuk biaya operasional, termasuk penelitian. (KOMPAS.com)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

4 Komentar pada “Wah… Kuliah di FK Undana, Rp 20 Juta Per Semester!”


  1. kalo mahalnya masuk akal (relevan) dengan kebutuhan ya tidak masalah… cuma kalo ada indikasi markup bagaimana…?

  2. Wita...~_^ Says:

    Markup bgmn?seleksix saja hampir sama ketat dgn tes IPDN.2 bulan saja dipakai hny utk tes kedokteran.sy berani jamin semua yg msk bebas dr KKN dan memiliki skill serta IQ yg tdk kalah dr mahasiswg fk di Indonesia lainnya

    • tria Says:

      aku berencana setelah lulus SMA nanti akan mengikuti tes kdokteran UNDANA. Hmm..apa tesnya sangat susah? Aku merasa harus banyak mempersiapkan diri.

  3. Doody Says:

    Oooo Ho Beta ju baru tau.. ternyata sampe bagitu ewwww. haehhhhhh untung bae beta belum daftar dsitu.

    Terima Kasih oooo.. kaka su dapa info.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: