Dispendik Menambah Kuota Sertifikasi Guru

SURABAYA–Kalangan pendidik alias guru, pada tahun 2009 ini memang mendapat perhatian yang cukup spesial dari pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan adanya menambahan kuota sertifikasi guru di seluruh Jatim yang mencapai 35 ribu guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim, Suwanto mengatakan bahwa untuk Jatim kuota sertifikasi guru ada penambahan yang cukup signifikan. ”Penambahan kuota ini berlaku untuk semua guru dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK,” kata Suwanto di Surabaya, Rabu (16/9).

Suwanto menjelaskan, setelah ada penambahan kuota, para guru yang mengikuti sertifikasi totalnya mencapai 96 ribu guru. Mereka yang lulus sertifikasi, papar Suwanto, tentunya akan mendapatkan tunjangan profesi guru sebesar satu kali gaji pokok. ”Ya, para guru yang ikut sertifikasi pada tahun 2010 mendatang tentunya akan memperoleh tunjangan profesi,” jelas Suwanto.

Yang diharapkan dispendik, terang Suwanto, dengan memperoleh tunjangan profesi, para guru itu tentunya bisa lebih meningkatkan kinerjanya. Tentang proses pembagian kuota ini, urai Suwanto, masing-masing kabupaten/kota nantinya tidak akan sama dalam memperoleh jatah penambahan kuotanya.

Hal ini, jelas Suwanto, karena dispendik Jatim akan melihat terlebih dahulu tentang kondisi secara objektif serta jumlah guru di setiap daerah. Namun demikian, ujar Suwanto, dispendik akan tetap memberikan prioritas kepada para guru yang sudah lama memberikan pengabdian di sekolah.

Untuk pemberian tunjangan profesi itu sendiri, ujar Suwanto, memang dijadikan wujud penghargaan pada guru yang telah memberikan pengabdian di dunia pendidikan. ”Kami sangat berharap semua persyaratan tentang sertifikasi yang dimiliki para guru bisa lengkap. Sehingga dengan demikian pelaksanaan uji portofolio serta pemberkasan bisa berjalan dengan lancar,” harap Suwanto.

Sehubungan dengan penambahan kuota serifikasi guru itu, Kepala Dispendik Kota Surabaya, Sahudi secara terpisah mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui ihwal adanya penambahan kuota tersebut. Sahudi mengatakan, pihaknya belum memperoleh surat edaran (SE) dari dispendik Jatim.

Untuk itu, Sahudi belum bisa memberikan informasi secara lengkap ihwal adanya penambahan kuota serifikasi itu. Namun, ia mengaku sangat senang kalau ada penambahan kuota, karena dengan penambahan kuota itu tentunya bisa mengangkat kesejahteraan serta meningkatkan kualitas kinerja para guru. (Republika)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: