Rp 20 Miliar buat Siswa Pintar, Beasiswa Bisa Sampai S3, 10.000 Siswa miskin juga Dibiayai

SURABAYA – Berbahagialah siswa/mahasiswa yang mencatat prestasi internasional di bidang akademis. Sebab, untuk mereka, pihak Dirjen Dikti menyediakan beasiswa sebesar Rp 20 miliar. Mereka bisa bersekolah gratis untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Dirjen Dikti Fasli Djalal mengungkapkan, semua biaya pendidikan para pelajar berprestasi internasional, sekolah maupun kuliah di dalam dan luar negeri, akan ditanggung pemerintah. “Ditanggung sepenuhnya,” ungkapnya dalam press conference Olimpiade Sain Nasional Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (OSN-PTI) di ITS, Selasa (15/9).

Lewat teleconference, Fasli menyatakan, untuk pelajar yang meraih medali perunggu (dalam ajang kompetisi akademis internasional), beasiswa akan diberikan hingga lulus S1. Medali perak akan dikuliahkan hingga tamat S2 (master/magister). Sedangkan peraih medali emas dibiayai sampai meraih gelar doktor/PhD (S3).

“Kalau mereka sudah mendapat beasiswa dari luar negeri, semua beasiswa akan kami ambil alih. Kami kembalikan mereka jadi anak Indonesia,” tegas Fasli di Jakarta.

Selain pelajar juara internasional, pihak Dikti juga menyiapkan beasiswa bagi 10.000 anak berprestasi dari keluarga miskin. Beasiswa akan diberikan dalam bentuk voucher yang berlaku untuk kampus di manapun di seluruh Indonesia. Voucher beasiswa itu untuk biaya pendidikan selama kuliah sekaligus untuk unit costs yang lain senilai sekitar Rp 15 juta per orang.

Tak hanya itu. Masih ada beasiswa lainnya untuk jenjang S2. “Kalau dulu beasiswa S2 lebih banyak diberikan kepada dosen, sekarang mahasiswa yang pintar juga bisa mendapatkannya. Mahasiswa punya kesempatan ke luar negeri sekaligus disiapkan menjadi calon dosen,” ujarnya . Saat ini, lanjutnya, telah disiapkan peraturan menteri untuk itu.

Terkait program beasiswa itu, Fasli menyambut baik kegiatan OSN PTI yang kembali digelar Pertamina. Ia berharap kegiatan ini bisa membantu mahasiswa jago matematka, fisika, dan kimia.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero) Toharso menyatakan, “Selama ini banyak lomba sains untuk pelajar. Sedangkan mahasiswa kurang mendapat perhatian. Itu sebabnya, kami akan berikan beasiswa bagi mahasiswa.

Kegiatan OSN PTI saat ini merupakan yang kedua sejak lembaga ini berdiri. Pendaftaran beasiswa dibuka 5 September 2009 hingga 26 Oktober 2009. Seleksi tingkat provinsi digelar 3 November 2009. Untuk wilayah Jatim, pendaftaran dan seleksi dipusatkan di ITS.

Yang lolos seleksi tingkap pemprov ini akan mengikuti seleksi nasional pada 4 Desember 2009 hingga 9 Desember 2009 di Jakarta. Selain hadiah lebih dari mencapai Rp 20 miliar, Pertamina juga menjanjikan para pemenang akan diprioritaskan bekerja di Pertamina.

‘Tahun ini pendaftaran dibuat lebih mudah, bisa online. Karena itu, kami menarget jumlah peserta 10.000,” ujar Eviyanti Rofraidah, Asisten Manager Eksternal Relation Pertamina UPS V didampingi dekan FMIPA ITS Triwikantoro. (Surya)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: