Rp 200 Miliar untuk Beasiswa Lulusan SMA

Jakarta – Pemerintah menyediakan anggaran beasiswa sebesar Rp 200 miliar bagi lulusan SMA sederajat yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Beasiswa ini diberikan mulai 2010 kepada 20.000 lulusan SMA sederajat yang berprestasi, namun kesulitan biaya untuk kuliah.

Fasli Jalal, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas di Jakarta, Jumat (13/11), menjelaskan, lulusan SMA berprestasi tersebut mendapat beasiswa Rp 10 juta per tahun untuk membiayai pendidikan dan bantuan hidup sehari-hari. Beasiswa itu dilanjutkan hingga mahasiswa lulus.

Dari data Depdiknas tahun lalu, tercatat angka partisipasi kasar (APK) lulusan SMA/SMK dan Madrasah Aliyah ke pendidikan tinggi baru 17,25 persen. Khusus lulusan SMA, sekitar 35,65 persen tidak melanjutkan kuliah.

Dari hasil penelitian Bappenas, semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin rendah tingkat partisipasi masyarakat dari golongan miskin untuk melanjutkan pendidikan. Kondisi itu terkait dengan kemampuan membiayai pendidikan.

Menurut Fasli, dalam dua tahun terakhir, Depdiknas telah memberikan beasiswa masuk perguruan tinggi negeri kepada 2.000 lulusan SMA sederajat masing-masing sebesar Rp 5 juta. Namun, daya serap beasiswa itu tidak 100 persen karena tidak ada jaminan pembiayaan lanjutan selama kuliah.

”Akhirnya pola pemberian beasiswa diubah dan jumlah penerima beasiswa naik 10 kali lipat,” kata Fasli Jalal.

Untuk rekrutmen penerima beasiswa tersebut, lanjut Fasli, Depdiknas bekerja sama dengan perguruan tinggi. Ditargetkan pada akhir Januari 2010 pemerintah dan perguruan tinggi sudah selesai menetapkan kuota dan menandatangani nota kesepahaman penerima beasiswa.

Rochmat Wahab, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, mengatakan, penerima beasiswa mestinya jangan cuma siswa yang berprestasi secara akademik.

”Lulusan SMA sederajat yang punya prestasi di bidang olahraga, seni, kepemimpinan, dan lain-lain juga mesti diberi kesempatan yang sama untuk mengakses beasiswa dari pemerintah,” kata Rochmat. (Kompas)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

2 Komentar pada “Rp 200 Miliar untuk Beasiswa Lulusan SMA”

  1. arwinsyah Says:

    saya berprestasi siswa smk saya mewakili sul-sel ajab lks yang di selengarankan di jakarta selatan bulan mei lalu tapi kenapa saya harus putus sekolah karena kurangnya biaya untuk kuliah. apakah ini yang dinamakan habis manis lalu di buang begitu saja.

  2. lily Says:

    saya sangat miris ketika melihat takdir saya,ketika di bangku smk saya selalu mendambakan bangku kuliah,saya selalu rajin belajar.tapi ketika saya lulus,ketiadaan biaya membuat angan angan saya untuk kuliah hilang.tapi kenapa teman teman saya yang tiap harinya nyontek dengan saya itu dapat meneruskan sekolahnya.keinginan untuk membahagiakan keluarga pun gak ada lagi.bvelum lagi ketika saya melihat abang saya,dia sangat berprestasi di sekolahnya.bahkan ia 3 kali berturut turut menjadi siswa terbaik dan siswa teladan.nasibnya gak jauh beda dengan saya…hanya lulusan sma.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: