Universitas Sebelas Maret Sediakan Beasiswa untuk 400 Mahasiswa

Surakarta – Universitas Sebelas Maret Surakarta menyediakan beasiswa bagi para calon mahasiswa baru tahun akademik mendatang. Rektor UNS Syamsulhadi mengatakan, beasiswa tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

“Kami mendapat alokasi beasiswa untuk 400 orang,” jelasnya di Kampus UNS Surakarta, Senin (21/12). Beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa yang tergolong tidak mampu namun cerdas.

Ia menerangkan, nantinya penerima beasiswa akan mendapat Rp 5 juta per semester selama menuntut ilmu. Uang itu digunakan untuk biaya pendidikan dan biaya hidup.

Beasiswa diberikan tanpa batasan waktu. “Kalau mahasiswa tersebut baru lulus 8 semester, berarti dia mendapat Rp 40 juta,” ujarnya. Beasiswa tidak hanya bagi calon mahasiswa sarjana, melainkan juga diploma.

Setiap calon mahasiswa yang akan mendapat beasiswa akan melalui proses seleksi terlebih dahulu. Seleksi pertama adalah seleksi administratif. Calon penerima harus mampu menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari daerah asalnya.

Selain itu, harus ada rekomendasi dari kepala sekolah yang bersangkutan, bahwa siswa tersebut benar-benar tidak mampu dan berprestasi.

Jika pendaftar melebihi kuota yang disediakan, akan dilakukan seleksi selanjutnya. Calon penerima akan dibuat peringkat berdasarkan prestasinya saat di sekolah menengah atas. “Nilai-nilai dari semester awal hingga akhir akan menjadi dasar seleksi,” tandasnya.

Syamsul menambahkan, penerima beasiswa bukan hanya dari warga Surakarta saja, melainkan siapa saja yang berniat untuk menempuh studi di UNS. “Siapa saja bisa mengajukan, asal syarat-syarat di atas terpenuhi.”

Menurut dia, beasiswa tersebut bisa dihentikan ketika mahasiswa yang bersangkutan mengundurkan diri, meninggal dunia, atau tidak layak menerima karena nilainya turun.

“Nanti akan kami rumuskan lagi untuk teknisnya,” jelasnya. Saat ini dari 31 ribu mahasiswa UNS, 4.500 di antaranya sudah menerima beasiswa secara rutin dari berbagai lembaga. (TEMPO Interaktif )

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “Universitas Sebelas Maret Sediakan Beasiswa untuk 400 Mahasiswa”

  1. dwi qurningsih Says:

    yang terhormat kepala direktorat UNS.
    Saya dwi, ingin bertanya mengenai beasiswa di uns. apakah ada beasiswa untuk mahasiswa baru lulusan 2010 ini? jika ada mohon berikan informasi mengenai persyaratannya. trima kasih .
    mohon di balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: