Kecurangan Pengawas Ruang Diantisipasi

Surabaya – Pelaksanaan ujian nasional 2010 diupayakan lebih kredibel dan obyektif. Kecurangan pengawas ruang ujian diantisipasi dengan mengacak guru-guru yang bertugas di suatu kabupaten/kota, bukan hanya dalam satu rayon.

”Kami berkoordinasi, dinas di kabupaten/kota akan bertanggung jawab untuk mengacak pengawas ruang,” kata Ketua Pelaksana Pengawas Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan Tim Pemantau Independen UN SMP/MTs Prof Syafsir Akhlus seusai sosialisasi pengawasan UN kepada para kepala dinas pendidikan se-Jawa Timur dan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS), Rabu (30/12), di Surabaya.

Kendati diacak secara penuh, kata Akhlus, pelaksanaannya tetap mempertimbangkan jarak tempuh dan kondisi geografis antarsekolah.

Selain itu, setelah selesai dan diputuskan dinas pendidikan, daftar pengawas akan diterima kepala sekolah penyelenggara UN. Adapun guru yang bertugas sebagai pengawas ruang akan mendapat surat perintah lengkap dengan fotonya. Oleh karena itu, kepala sekolah dapat mengecek pengawas yang datang.

Menurut Akhlus, Departemen Pendidikan Nasional mengalokasikan anggaran Rp 10,8 miliar untuk pengawas dari perguruan tinggi negeri di Jatim. Meskipun demikian, anggaran ini kurang karena pada UN 2009 yang mengerahkan seorang pengawas untuk satu sekolah saja, anggaran yang digunakan sebesar Rp 8,2 miliar dan perguruan tinggi masih nombok.

Peserta ujian nasional di Jatim pada tingkat SD/MI sederajat sebanyak 628.508 siswa, tingkat SMP sederajat 543.753 siswa, dan tingkat SMA/SMK sederajat sebanyak 354.708 siswa. (Kompas)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: