Ujian Praktik SMK Harus Selesai Awal Maret 2010

SURABAYA — Siswa peserta ujian nasional atau UN tingkat SMK berkesempatan mempersiapkan diri dan mengenal materi ujian praktik kejuruan pada bulan ini. Selain karena jadwal pelaksanaan UN utama yang tahun ini diadakan pada Maret 2010, tim penyelenggaera UN tingkat pusat juga akan memulai pembuatan materi soal pada 5 Januari 2010.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum dan Kejuruan Dindik Jati Widjil Saptadi menyatakan bahwa sekolah akan menerima materi soal ujian praktik kejuruan SMK begitu penyusunan dari pusat selesai.

“Sekolah juga akan mendapatkan CD berisi soal praktik, untuk siswa kelas III SMK. Soal bisa diunduh melalui situs Depdiknas,” ujar Widjil.

Sosialisasi materi ujian praktik SMK itu memang dijadwalkan bisa segera dilakukan karena pihak sekolah dan siswa perlu persiapan. Semakin cepat sekolah menerima materi ujian, semakin banyak kesempatan bagi sekolah melakukan persiapan, baik dalam pemberi an materi pelajaran, maupun dalam menyiapkan sarana atau kelengkapan praktik.

Kepala SMK 11 Siti Rochanah menyatakan siap menyelenggarakan ujian praktik segera setelah soal ujian diberikan. Menurutnya, majunya jadwal pelaksanaan UN utama menurutnya tidak mengganggu pelaksanaan ujian praktik.

“Materi untuk praktikum semua sudah diberikan. Di semester 5, para siswa sudah mendapat materi itu jadi saya kira semua siap menjalankan ujian praktik,” ujar Siti.

Kepala Bid Dikmenjur Dindik Surabaya Ruddy Winarko menyatakan, semua sekolah telah menerima kisi-kisi soal ujian kompetensi, yang bisa diunduh melalui situs web. “Tidak ada perubahan secara teknis, terkait pelaksanaan ujian kompetensi, baik praktik maupun teori. Jadi, sampai saat ini semua persiapan masih berjalan baik,” ujar Ruddy.

Sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) UN tingkat SMP, MTs, SMK yang dikeluarkan oleh Depdiknas dan BSNP, ditetapkan ujian praktik kejuruan SMK harus selesai sebelum UN. Ini berarti, ujian praktik kejuruan SMK sudah harus selesai dilaksanakan setidaknya pada awal Maret 2010.

Materi ujian praktik siswa SMK memang disosialisasikan pada sekolah dan siswa SMK peserta UN, kecuali untuk program keahlian akuntansi tetap dirahasiakan. Pada pelaksanaan ujian praktik SMK nanti akan ada tiga soal untuk setiap program keahlian. Siswa bisa memilih satu dari tiga soal itu untuk dipraktikkan di hadapan penguji yang berasal dari asosiasi profesi. (KOMPAS.com)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: