Kementrian Pendidikan Siapkan Sertifikasi Kompetensi Keahlian

Jakarta – Kementrian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tengah menyusun sertifikasi kompetensi keahlian.

“Ini baru pertama, kami segera menyusun framework kualifikasi kompetensi Indonesia,” ujar wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal dalam konferensi pers awal tahun Kementrian Pendidikan Nasional di Jakarta, Selasa (5/1).

Selama ini kompetensi di Indonesia disejajarkan dengan ijazah pendidikan. Padahal di negara-negara maju, kata Fasli, tidak cukup hanya ijazah akademis untuk memasuki bursa kerja. “Dunia kerja itu membutuhkan standar kompetensi,” urainya. Jadi kualifikasi pekerja ditentukan kompetensi yang sudah dibuktikan dengan sertifikat.

Standar kompetensi tersebut, Fasli melanjutkan, tak melulu keahlian akademis, bisa juga informal maupun pengalaman belajar mandiri. “Jadi nanti ada sertifikat kompetensi mengelas, atau menjahit,” urainya. Bahkan untuk wira usaha mandiri, lanjutnya, bisa mengajukan uji kompetensi sendiri untuk membuktikan keahliannya.

Dampak kompetensi ini, Fasli mengulas, akan berpengaruh terhadap upah yang diterima pekerja. “Semakin berkompeten dalam suatu bidang, otomatis, upah yang diterima semakin tinggi,” urainya.

Sertifikat kompetensi ini dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi. Nantinya akan ada kualifikasi kompetensi mulai dari jenjang pendidikan menengah (Sekolah Menengah Kejuruan), hingga jenjang program doktoral.

Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional Suyanto menyatakan sekolah menengah kejuruan sudah sejak lama bekerja sama dengan Industri untuk peningkatan kompetensi. “Kalau melalui Lembaga Sertifikasi itu mahal, tiap kompetensi dikenai biaya Rp 300 ribu,” ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

Industri, ujarnya, menyambut baik kerjasama dengan kejuruan selama ini. Tapi dengan adanya kualifikasi kompetensi Indonesia, pihaknya nantinya juga akan menyesuaikan. (TEMPO Interaktif)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: