Sekolah Kejuruan Keluhkan Ujian Nasional

BANDUNG – Sejumlah Sekolah Kejuruan di Bandung mengeluh kerepotan dengan pelaksanaan Ujian Nasional pada Maret mendatang. Mereka terpaksa menjadwal ulang program belajar yang sebelumnya telah diatur kalender pendidikan.

Menurut Kepala SMKN 14 Bandung Iwa Wiswara Syamsu, proses belajar mengajar menjadi terpotong sebulan. “Biasanya Ujian Nasional kan April, ini maju ke Maret,” katanya, Senin (25/1). Akibatnya, siswa kini hanya berfokus pada pelajaran yang akan diujiankan agar bisa lulus.

Padahal bagi siswa SMK, katanya, selain Ujian Nasional, uji kompetensi pun ikut menentukan kelulusan siswa. Akibatnya, jadwal ujian yang turut dinilai perusahaan mitra itu juga harus diatur ulang. “Memang merepotkan sekolah jadinya,” ujar dia.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan dari UPI Bandung, Furqon mengatakan, pemerintah memajukan waktu Ujian Nasional menjadi 22 Maret karena tahun ini menerapkan kembali ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus. Waktu ujian ulangan itu diperhitungkan sebelum pelaksanaan tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri. “Jadi mereka yang ikut ujian ulangan kalau lulus masih bisa mendaftar PTN,” ujarnya dalam seminar pendidikan di UPI Bandung hari ini.

Menurut Furqon, ujian ulangan itu awalnya dikhususkan bagi siswa yang tidak lulus karena alasan sakit atau datang terlambat. Tapi dia tak membantah ujian ulangan itu sebagai jalan keluar yang menguntungkan pihak sekolah dan pemerintah terkait jumlah kelulusan siswa. “Tahun lalu ujian ulangan dihilangkan karena dianggap formalitas saja, pesertanya bakal lulus semua,” ujarnya. (Tempointeraktif)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: