Ujian Teori dan UN Digabung

SURABAYA – Pelaksanaan ujian teori siswa SMK bakal dijadikan satu paket dengan Ujian Nasional (UN).Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi keterlambatan dalam memproses penilaian.

Kejadian tahun sebelumnya, banyak nilai ujian SMK yang terlambat diserahkan Dinas Pendidikan (Dindik).Dampaknya, banyak siswa SMK yang tidak lulus karena nilainya tidak memenuhi batas minimal yang ditentukan. Sesuai ketetapan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), siswa SMK dinyatakan tidak lulus jika nilai ujian SMK di bawah 7,00.Kepala SMKN 1 Surabaya Sugiono menuturkan,semua persiapan ujian kompetensi dan teori di sekolahnya hampir rampung dilaksanakan.

Pihaknya juga sudah menghubungi praktisi dari industri yang nantinya berperan sebagai tim penilai ujian kompetensi SMK. ”Kami sudah siap untuk mengelar pelaksanaan uji kompetensi pada minggu ketiga Februari. Para peserta UN juga sudah mempersiapkan diri,”ujar Sugiono kemarin. Mantan Kepala SMKN 5 itu menambahkan, pihaknya sengaja jauh-jauh hari mengelar ujian kompetensi SMK untuk mengantisipasi mepetnya jadwal ujian yang harus ditempuh siswa SMK. ”Biar nanti tidak sampai kesulitan dalam mengatur waktu,”imbuhnya.

Selain itu,pihaknya merasa lega ketika pelaksanaan ujian teori SMK digelar bersamaan,setelah UN utama selesai. Pelaksanaan itu juga menjadi salah satu bagian dari pelaksanaan UN di sekolah, sehingga penyerahan hasil UN serta koreksi UN tidak sampai memakan banyak waktu,seperti tahun sebelumnya. Materi ujian SMK sendiri terdiri dari dua jenis yakni praktik dan teori. Keduanya harus bisa dijalani dengan hasil minimal 7,00. ”Jadi jangan khawatir nilai ujian SMK terlambat lagi.Semuanya sudah lebih baik dari tahun kemarin,”ujar salah seorang petugas Dindik Surabaya. Sekadar informasi, jadwal pelaksanaan UN untuk SMA/MA, SMALB dan SMK, ujian utama dijadwalkan berlangsung pada 22- 26 Maret 2010.

Jadwal ujian susulan adalah 29 Maret hingga 5 April 2010.Sedangkan ujian ulang untuk siswa yang tidak lulus UN dijadwalkan pada 10-14 Mei 2010. Sementara Pelajar SMP/MTs dan SMPLB bakal menempuh UN utama pada 29 Maret hingga 1 April 2010. UN susulan dijadwalkan 5-8 April 2010.Sedangkan UN ulangan untuk siswa SMP dan sederajat akan dihelat 17-20 Mei 2010. Bagi siswa SD/MI dan SDLB, UAS BN utama akan berlangsung pada 4-6 Mei 2010,sedangkan ujian susulan dilaksanakan pada 10-12 Mei 2010. (SINDO)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: