Masuk PTN Dengan Nilai UN Dilakukan Bertahap

JAKARTA –Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, menegaskan nilai ujian nasional (UN) secara bertahap akan dijadikan syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Namun begitu, rencana tersebut belum disepakati oleh para rektor PTN di seluruh Indonesia.

“Nilai UN akan menjadi syarat UN secara bertahap, saya rasa para rektor belum sepakat karena belum pernah terlibat dalam UN, sehingga belum timbul kepercayaan akan kredibilitas UN,” ungkap M Nuh usai acara konperensi pers di Pusdiklat Kementerian Pendidikan Nasional, Bojongsari, Depok, Jawa Barat (4/3).

Mendiknas menjelaskan, dengan dilibatkannya para rektor PTN se-Indonesia pada penyelenggaraan UN tahun ini, maka akan timbul kepercayaan dari para rektor tentang penyelenggaraan dan hasil UN nantinya sehingga dapat menerima rencana nilai UN sebagai syarat masuk PTN.

“Tahun ini rector sudah dilibatkan dalam penyelenggaraan UN, mulai dari pembuatan soal, distribusi, pengawasa, sampai penyelenggaraan UN itu sendiri sehingga akan timbul kepercayaan. Jadi kita berharap nantinya, nilai UN dapat diintegrasi menjadi syarat masuk UN,” jelas M Nuh.

Sementara itu, rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Muhammad Fasich, juga mengatakan hal yang sama. “Nilai UN sebagai syarat masuk PTN akan dilakukan secara bertahap, tergantung dari kredibilitas UN, kita tidak keberatan,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Tim Pengawas Independen (TPI) UN. (Republika)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: