Ke PTS, Bisa Daftar Online

SURABAYA – Berbagai kemudahan coba ditawarkan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk menampung calon mahasiswa baru 2010. Selain beasiswa, diskon biaya kuliah, juga ada tawaran pendaftaran online.

Lewat sistem online, PTS memberi kemudahan bagi calon mahasiswa untuk bisa mengakses dan mendaftar langsung tanpa harus datang ke kampus. STIE Perbanas Surabaya, misalnya, sudah membuka situs http://www.perbanas.ac.id, di mana calon mahasiswa baru bisa memilih jalur beasiswa penuh, jalur bebas tes, jalur tes, dan jalur PMDK.

“Cukup mendaftar melalui internet dan pembayarannya langsung ditransfer sudah bisa,” ujar Tri Suhartuti, Wakil Ketua PMB STIE Perbanas Surabaya, Minggu (7/3). Selain online, katanya, calon mahasiswa juga bisa mendaftar langsung ke kampus atau lewat jalur UMB PTS. Jalur seleksi bersama secara nasional itu juga bisa diikuti secara online.

Tahun ini, STIE Perbanas Surabaya membuka empat jalur pendaftaran yang masing-masing memiliki keunggulan. Jalur pendaftaran PMDK terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA 2008/2009 atau siswa kelas XII yang nilai rapor dan nilai komulatif pelajaran dan bahasa Inggris rata-rata minimal 70. “Mereka yang lolos akan mendapat subsidi 30 persen. Bagi 100 pendaftar pertama D3, bahkan bisa mendapat subsidi 50 persen,” tambah Tri Suhartuti. Pendaftaran jalur ini telah dibuka dan ditutup pada 30 April 2010.

Jalur pendaftaran online juga diterapkan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Kampus yang juga menjadi salah satu peserta UMB PTS nasional itu mencoba merangkul calon mahasiswa dari berbagai daerah dengan jalur pendaftaran di dunia maya. Untuk mendaftar secara online ke Untag, warga bisa mengakses website http://www.untag.ac.id dan memilih menu PMB online. “Jalur pendaftaran ini cukup efektif untuk membantu calon mahasiswa. Sampai kemarin sudah banyak yang mendaftar secara online, khususnya dari Sulawesi,” ujar Nugrahini Indra Prawesti, Media Relations Untag, Minggu (7/3).

Guna menarik calon mahasiswa baru, Untag juga membuka pendaftaran kolektif di sekolah-sekolah di beberapa wilayah Jatim. Lewat cara jemput bola ini, calon mahasiswa bisa langsung mendaftar dan mengikuti tes di sekolah. Untag juga menawarkan beasiswa bagi atlet, anak PNS, dan pensiunan TNI/Polri, serta calon mahasiswa yang memiliki saudara kandung di Untag.

Universitas Widya Kartika (Uwika) tahun ini juga mulai membuka pendaftaran online. Calon mahasiswa bisa mengakses http://www.widyakartika.ac.id dan memilih menu pendaftaran online. “Tidak ada perbedaan, baik dari sisi administrasi maupun pembayaran, antara pendaftaran online maupun pendaftaran langsung,” ujar Jinapiah, marketing Uwika.

Bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu, Uwika memberi penawaran potongan pembayaran uang pengembangan dan uang kuliah hingga 50 persen. Sebagai gambaran, di kampus yang membuka fakultas ekonomi, bahasa, teknik, dan professional business ini, uang pengembangan minimal Rp 2 juta dan uang kuliah Rp 3,5 juta per semester. “Calon mahasiswa bisa mengajukan ke rektor, dengan membawa rekomendasi dari sekolah atau bisa sekolah yang mendaftarkan,” papar Jinapiah. Potongan biaya itu hanya berlaku untuk 100 pendaftar pada gelombang pertama yang ditutup akhir Maret 2010. (Surya)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment pada “Ke PTS, Bisa Daftar Online”

  1. arga Says:

    thanx for view


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: