Polisi Siap Amankan Pelaksanaan UN

SURABAYA–Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes) Surabaya siap mengamankan jalannya Ujian Nasional (UN) di wilayah Kota Surabaya. Kesiapan ini diungkapkan Kepala Bagian Bina Mitra Polwiltabes Surabaya, AKBP Sri Setyo Rahayu kepada wartawan, Rabu (10/3)..

Rahayu mengatakan, tahun ini pengamanan yang diterjunkan dari unsur kepolisian tidak banyak berubah dari tahun lalu. “Kami sudah siapkan sebanyak 200 personel untuk mengamankan jalannya UN,” ujarnya.

Rahayu menjelaskan, pengamanan dilakukan melalui pengamanan terbuka dan tertutup. Untuk pengamanan tertutup, kata wanita yang akrab disapa Yayuk ini, akan diterjunkan 30 personel tanpa seragam dari unsur Intelkam. “Personel lainnya kami turunkan untuk pengamanan terbuka,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kota Surabaya, Sahudi berpesan kepada para kepala sekolah yang terpilih menjadi ketua subrayon untuk tetap berkomitmen memegang kejujuran. Sebab, menurut data dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Surabaya kini sudah masuk daftar abu-abu.

Dengan kata lain, ujar Sahudi, indikasi kecurangan di Surabaya cukup banyak. “Apabila menemukan indikasi kecurangan, kami tidak segan-segan melaporkan ke kepolisian,” tegasnya.

Sebelumnya, Koordinator Pengawas dan Tim Pengawas Independen (TPI) UN dari Perguruan Tinggi (PT) wilayah Kota Surabaya, Bandung Arry, mengatakan pihaknya juga siap menjalankan tugas dalam proses pengawasan. Dia menjelaskan, total pengawas yang diturunkan PT untuk tahun ini sebanyak 494 orang dengan rincian 30 pengawas untuk subrayon dan 120 pengawas untuk satuan pendidikan di SMA/MA.

Bandung menjelaskan, ntuk SMK jumlah pengawas subrayon sebanyak 13 dan 89 pengawas untuk satuan pendidikan di SMK. Sedangkan untuk SMP/MTS pengawas sub rayon 48 dan pengawas untuk satuan pendidikan sebanyak 302. “Kami sudah mengatur penempatan pengawas tersebut, sehingga tidak akan ada sekolah yang nantinya luput dari pengawasan,” ujarnya.

Bandung menambahkan, khusus sekolah yang masuk daftar hitam dan abu-abu, pihaknya akan melakukan pengawasan lebih ketat. “Daftar sekolah abu-abu dan hitam di Surabaya telah kami terima dari BSNP dan pada sekolah-sekolah ini akan kami berikan pengawasan yang sedikit lebih ketat,” tegasnya.

Sumber : Republika.co.id

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: